Pohon Raksasa Berusia Ratusan Tahun di Lawang Sewu Tumbang Dihempas Hujan dan Angin Kencang

Pohon Raksasa Berusia Ratusan Tahun di Lawang Sewu Tumbang
Pohon Raksasa Berusia Ratusan Tahun di Lawang Sewu Tumbang (Foto : antvklik-Didiet Cordiaz)

Antv – Pohon raksasa atau berkuran cukup besar yang berusia ratusan tahun di Wisata Lawang Sewu Kota Semarang, Jawa Tengah, tumbang, akibat angin kecang dan hujan deras, Sabtu (31/12/2022).

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M Ilud Siregar mengatakan, pohon yang tumbang tersebut adalah satu pohon mangga Talijiwo yang berada di area halaman Historic Building Lawang Sewu.

Pohon mangga Talijiwo ini telah berusia kurang lebih 100 tahun dimana tanaman tersebut mulai ditanam kurang lebih pada tahun 1916.

Saat ini pohon tersebut tumbang karena hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang di wilayah Kota Semarang.

“Kegiatan kunjungan di area halaman tidak bisa dimanfaatkan untuk sementara waktu sampai kegiatan perbaikan dan kebersihan selesai dilakukan,” ujarnya seperti keterangan yang diterima.

Menurutnya, keberadaan pohon tersebut sangat menambah keindahan dan kesejukan serta keteduhan suasana di area Museum Lawang sewu. Namun sayang, pada pukul 07.47 WIB, pohon tersebut tumbang dan menimpa dua orang.

“Pohon yang tumbang tersebut menimpa satu petugas kebersihan dan satu petugas dari pengelola UMKM saat bertugas,” terangnya.