Rumah Dokter Dibobol Maling, Uang dan Perhiasan Digasak, Pelakunya Tetangga Sendiri

Rumah Dokter Dibobol Maling, Uang dan Perhiasan Digasak
Rumah Dokter Dibobol Maling, Uang dan Perhiasan Digasak (Foto : antvklik-Edi Topan)

Antv – Rumah seorang dokter di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dibobol pencuri yang berhasil membawa brankas berisi perhiasan emas dan uang. Kedua pelaku yang berhasil ditangkap, diketahui tetangga korban sendiri.

“Pelaku dua orang, berinisial JY dan AA. JY ditangkap di Jakarta. JY itu di masyarakat memang terkenal ringan tangan, dalam arti negatif. Sering mengambil barang-barang tetangganya,” kata Kapolres Batang, AKBP M Irwan Susanto, saat konferensi pers di Mapolres Batang, Selasa (27/12/2022).

Dua pelaku berhasil diamankan, yakni Juli Yanto (33) dan Andhika Ardiansyah (30), keduanya warga Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Batang.

Lebih lanjut M Irwan Susanto menjelaskan, peran kedua pelaku ini, pelaku JY yang berperan merencanakan pencurian, bawa linggis, merubah arah CCTV, mencongkel teralis, mengambil brankas, laptop, jam tangan, mengangkat brankas ke luar, mencongkel brankas, membagi uang hasil curiannya.

"Sedangkan peranan pelaku AA, untuk mengawasi situasi disekitar nya, mengangkat dan amankan jendela supaya tidak menutup, mencongkel teralis menggunakan bendo, mencongkel brankas, mengambil celengan, mendorong teralis supaya terbuka, menerima brankas, laptop, jam dari luar, membawa brankas keluar halaman untuk dilempar ke luar pagar, mengambil dan menyimpan uang korban yang ada di celengan, menerima uang bagian hasil," ungkapnya.

Peristiwa pencurian itu ketahuan saat korban yang bernama dr. Dian Kurniawati bersama suaminya dr. Aryo Budiyogo pulang ke rumah pada Senin (12/12/2022), sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat korban membuka pintu garasi, kemudian berjalan ke arah samping rumah bagian belakang.