TNI AL Pertemukan Militer Korsel dan Korut di Latihan Komodo 2023

TNI AL gelar Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023.
TNI AL gelar Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023. (Foto : Istimewa)

Antv –TNI Angkatan Laut akan melaksanakan Latihan militer Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang akan digelar di perairan Makassar, Sulawesi Selatan pada bulan Juni 2023.

Latihan militer rencananya akan dihadiri Angkatan Laut dari 48 negara sahabat. Diantara mereka ada kekuatan militer Angkatan Laut Korea Selatan dan Korea Utara.

Rencananya TNI AL akan melibatkan kedua negara dalam Latihan tersebut. Seperti diketahui dua negara tetangga itu tidak akur dan kemungkinan besar masih bisa terjadi peperangan diantara keduanya.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo membenarkan rencana keterlibatan Angkatan Laut Korea Selatan dan Korea Utara dalam MNEK Komodo 2023 mendatang.

Danguspurla Koarmada II menegaskan, posisi TNI Angkatan Laut selaku tuan rumah MNEK Komodo 2023 netral.

Dan TNI Angkatan Laut mengundang seluruh Angkatan Laut dari negara-negara sahabat, dan sejauh ini 47 negara menyatakan kesiapan hadir dalam ajang latihan militer berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang secara rutin dua tahunan diselenggarakan di Indonesia.

"Karena dari dulu kita netral, jadi kita undang seluruh negara yang bersahabat dengan kita, khususnya AL ya, mereka kami ajak bersama ya mereka baik-baik saja, jadi tidak ada konflik diantara mereka saat bertatap muka, pada saat berdiskusi juga seperti hal normal-normal yang kita amati," kata Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Denny Prasetyo usai membuka Initial Planning Conference (IPC) MNEK 2023 di Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2022.