Laksamana TNI Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Presiden: KSAl Pengganti dari Bintang 3

Laksamana Yudo Panglima TNI, Presiden: KSAU Pengganti dari Bintang 3
Laksamana Yudo Panglima TNI, Presiden: KSAU Pengganti dari Bintang 3 (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap sejumlah kriteria calon pengganti Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Seperti yang diketahui, jabatan tersebut kosong setelah Laksamana TNI Yudo Margono dilantik menjadi Panglima TNI.

Pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI dipimpin langsung Kepala Negara di Istana Negara, Senin (19/12/2022). Presiden menyebut, calon KSAL selanjutnya berasal dari perwira bintang tiga di TNI AL.

"Calonnya yang jelas bukan dari bintang satu, bukan dari bintang dua, tapi dari bintang tiga. Nanti kalau sudah, nanti segera kita lantik," ucapnya.

Usai pelantikan, Presiden pun memberikan sejumlah pesan kepada Laksamana Yudo. Salah satunya, Presiden meminta Panglima TNI untuk  menjaga kedaulatan, kesatuan dan persatuan. 

"Saya sudah pesan ke Panglima TNI untuk yang pertama, menjaga kedaulatan NKRI. Yang kedua, menjaga kesatuan dan persatuan kita," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden juga meminta Panglima TNI untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI. Menurutnya, tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI saat ini sudah paling tinggi.

"Kemudian juga menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang sudah paling tinggi. Kepercayaan ini mesti dijaga terus dengan profesionalisme TNI yang terus harus ditingkatkan," ujarnya.