Kapolri Prediksi 44 Juta Orang Akan Bepergian Selama Libur Akhir Tahun

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Viva)

AntvKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan akan ada peningkatan mobiltasi warga selama libur natal dan tahun baru 2023. Menurut data Kementerian Perhubungan diprediksi ada 44 juta orang yang akan bepergian selama momen tersebut.

Prediksi itu dikatakan Sigit setelah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk persiapan pengamanan nataru dengan kementerian terkait. Rapat itu dilaksanakan di Mabes Polri, Jakarta pada Jumat (16/12/2022).

"Berdasarkan data dari Kemenhub akan ada peningkatan 44 juta yang akan melaksanakan mobilitas," ujar Sigit kepada wartawan.

Seperti ditulis VIVA.co.id, Sigit menambahkan, peningkatan mobilitas tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang akan berlibur selama masa Nataru. Tak hanya itu, banyak juga kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat menjelang pergantian tahun baru.

"Tentunya masyarakat yang bekerja libur. Dan juga tentunya ada kegiatan perayaan ibadah di tanggal 25 baik malam kemudian siang dan di acara tutup tahun yang biasanya juga seluruh rangkaian kegiatan menjadi satu," katanya.

Menurut Jenderal bintang empat itu, dengan adanya prediksi tersebut maka diperlukan juga persiapan khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Ini semua memerlukan kesiapan, memerlukan pengamanan dan memerlukan kesiapan dari seluruh sarana prasarana infrastruktur," katanya.