Bupati Cianjur: Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur 602 Orang

Bupati Cianjur: Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur 602 Orang
Bupati Cianjur: Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur 602 Orang (Foto : Dok. Istimewa)

AntvBupati Cianjur Herman Suherman menyatakan tercatat 602 korban meninggal akibat gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo. Angka itu berdasarkan pendataan ulang di setiap kecamatan terdampak.

Menurutnya, daftar korban meninggal terdapat di 13 kecamatan dan tercantum identitas lengkap para korban beserta tanggal kematiannya. Korban meninggal paling banyak berada di Kecamatan Cugenang, sebanyak 397 jiwa.

"Dan paling sedikit di Kecamatan Mande, Haurwangi, Sukaresmi, serta Cikalongkulon yang masing-masing satu orang meninggal. Dari 13 kecamatan ini, total korban meninggal ada 602 orang, semuanya tercatat by name by address," kata Herman kepada wartawan, Rabu (14/12/2022).

Lebih jauh, Herman mengungkapkan, sebagian besar korban meninggal di hari kejadian akibat tertimpa puing bangunan yang runtuh. Selebihnya korban luka yang meninggal hingga korban yang meninggal di pengungsian.

"Ada yang meninggal karena tertimpa puing, ada yang tertimbun longsoran, ada juga yang meninggal setelah dirawat, dan juga yang meninggal di pengungsian. Semua ini masuk dalam kategori korban bencana," ujarnya. 

Dia menegaskan Pemkab juga sudah berkoordinasi dengan BNPB terkait penambahan data tersebut. Sehingga adanya perbedaan data terakhir tidak perlu lagi diperdebatkan.

"Ini bukan untuk diperdebatkan, tadi saya juga sudah membicarakannya dengan BNPB. Selagi memang datanya jelas, by name by address segera di-update. Makanya nanti saya akan update lagi datanya ke website," katanya.