MIPI Gelar Webinar Bahas Dinamika Tata Kelola Pemerintahan di Provinsi Sulsel

MIPI Gelar Webinar Dinamika Tata Kelola Pemerintahan di Prov Sulsel
MIPI Gelar Webinar Dinamika Tata Kelola Pemerintahan di Prov Sulsel (Foto : Dok. Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia)

Antv – Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar webinar bertema “Dinamika Tata Kelola Pemerintahan di Provinsi Sulawesi Selatan”, Jumat  (2/12/2022).

Webinar ini sebagai rangkaian dari pelantikan pengurus MIPI Provinsi Sulsel periode 2022-2026 yang diselenggarakan secara hybrid di Baruga Patingalloang, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel. 

Dalam webinar tersebut, Peneliti Pusat Riset Politik BRIN Siti Zuhro yang menjadi narasumber memaparkan, tidak ada negara mana pun yang maju tanpa ditopang oleh birokrasi yang andal serta tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), partisipatif, transparan, dan akuntabel. 

Melihat kondisi di Sulsel, dirinya sepakat jika Sulsel mempunyai potensi untuk menjadi barometer pembangunan di Indonesia Timur.

 

img_title
Penyerahan Bendara MIPI dari Ketua Umum Pusat ke Ketua Umum Daerah. (Foto: Dok. Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia)

Meski begitu, ada beberapa yang harus dibenahi untuk mencapai posisi tersebut. Berbagai tantangan itu dari tata kelola pemerintahan, birokrasi, hingga demokrasi.