Gunung Merapi Siaga, Korem 072/Pamungkas Latihan Penanggulangan Bencana Erupsi

Gunung Merapi Siaga, Korem 072/Pamungkas Latihan Penanggulangan
Gunung Merapi Siaga, Korem 072/Pamungkas Latihan Penanggulangan (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – TNI Angkatan Darat dalam hal ini Korem 072/Pamungkas menggelar latihan dan simulasi penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi, Kamis (1/12/2022). Latihan digelar di Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, yang menjadi daerah terdekat dengan Gunung Merapi.

Simulasi juga melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti Kodim 0274/Sleman, Polresta Sleman, Brimob Polda DIY, BPBD Sleman, Basarnas Yogyakarta, Tagana, SAR DIY, PMI, serta relawan.

Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan bahwa digelarnya latihan ini dalam rangka melihat kesiapan personel dan sarana prasarana jika terjadi Erupsi Gunung Merapi.

“Kita ketahui bersama bahwa erupsi Gunung Merapi yang paling besar pernah terjadi di tahun 2010. Dari kejadian tersebut kita bisa mengambil pengalaman dan belajar bagaimana kita mengatasi dan mengantisipasi persoalan tersebut, dan yang paling penting adalah membantu masyarakat," ujarnya.

Dalam penanggulangan bencana alam, lanjut Danpusterad, TNI tidak bisa bergerak sendiri. Diperlukan sinergi dan kerja sama semua komponen terkait, baik itu Polri, Pemda, maupun instansi lainnya.

Termasuk dalam hal menyediakan kebutuhan makanan bagi para pengungsi melalui dapur umum. Danpusterad meminta dapur umum yang didirikan untuk pengungsi harus mengutamakan higienis.

"Tadi kami sudah cek sekilas dapur umum kondisinya seperti apa, yang paling penting adalah dapur umum kondisinya harus higienis, dan bagaimana teknis pendistribusiannya," terangnya.