Tradisi Wilujengan Nagari Mahes Lawung, Doa Keselamatan untuk Keraton dan Negara Indonesia

Tradisi Wilujengan Nagari Mahes Lawung, Doa Keselamatan
Tradisi Wilujengan Nagari Mahes Lawung, Doa Keselamatan (Foto : antvklik-Effendy Rois)

Antv – Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengadakan kegiatan Wilujengan Nagari Mahesa Lawung di Siti Hinggil Keraton Kasunanan Surakarta Kamis (24/11/2022).

Wilujengan Nagari adalah doa bersama untuk keselamatan Keraton dan negara republik Indonesia. Doa juga memohon dihindarkan dari segala bencana.

Wilujengan Nagari Mahesa Lawung ini,  dihadiri oleh sentana dan abdi dalem Keraton Surakarta. Kegiatan ini dilengkapi dengan berbagai makanan yang dimasak dari tempat Gondorasan, yaitu, tempat khusus Keraton untuk menyiapkan makanan dan sesaji.

Makanan makanan tersebut adalah  nasi tumpeng, lauk pauk, buah buahan, jajana pasar, sesaji dan kepala kerbau yang dibungkus kain putih. 

Makanan tersebut kemudian dibawa di Sitihinggil Keraton, untuk didoakan bersama. Doa dipimpin oleh ulama keraton dan diikuti oleh peserta yang hadir

Menurut Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta GKR Koes Moertiyah Wandasari atau dikenal Gusti Moeng, Sesaji Nagari Mahesa Lawung atau juga disebut Sesaji Raja Wida ini diawali di Siti Hinggil Keraton Surakarta. Kemudian sesaji dibawa ke hutan Krendowahono, yang terletak di Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. 

Hutan Krendowahono sendiri merupakan tempat yang pernah dipakai pertemuan antara PB IV dan Pangeran Diponegoro.