Dampak Gempa Cianjur, PUPR Sebut Jalan Nasional Tertimbun Longsor

Pohon tumbang di jalan Nasional Cianjur, Jawa Barat.
Pohon tumbang di jalan Nasional Cianjur, Jawa Barat. (Foto : PUPR)

Antv –Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan dampak gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) telah membuat sejumlah ruas jalan nasional tertimbun longsor. Salah satunya jalan nasional arah Cianjur menuju Puncak tertimbun longsoran.

Menurut juru bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja berdasarkan pantauan Kementerian PUPR terdapat sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik rubuh ke jalan nasional.

Ada satu lokasi paling parah ada di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur di mana Jalan nasional tertutup longsoran tebing.

“Salah satu lokasi yang sudah kita terima laporannya dari lapangan adalah di Kecamatan Cugenang pada ruas jalan nasional antara Kota Cianjur ke Puncak tertutup longsoran dari tebing,” jelas Endra kepada VIVA.

Endra mengungkapkan, atas kondisi tersebut pihak Kementerian PUPR langsung melakukan mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat, yaitu sekitar 10 km dari titik lokasi longsoran untuk pembersihan jalan nasional dari pohon tumbang dan tanah dari longsoran tebing.

Upaya tersebut, lanjut Endra dimaksudkan agar lalu lintas pada jalan nasional dari Puncak - Cipanas - Cianjur kembali normal.

Sementara itu, ditanyakan terkait infrastruktur lain seperti Jembatan dan sebagainya yang terdampak akibat Gempa Cianjur, Endra menuturkan berdasarkan laporan tim di lapangan belum ditemukan adanya jembatan runtuh atau sebagainya.