Beredar Viral Cahaya Merah Misterius Terpancar di Lautan Samudra Atlantik, Ini Faktanya

Cahaya Merah Misterius Terpancar di Lautan Samudra Atlantik
Cahaya Merah Misterius Terpancar di Lautan Samudra Atlantik (Foto : Tangkap Layar)

AntvBeredar video dan foto fenomena alam mistrius yang menampakkan cahaya berwarna merah di lapisan awan di atas Samudra Atlantik, beredar di media sosial.  Cahaya tersebut memancarkan warna merah yang menyala.

Foto fenomena tersebut diambil oleh seorang pilot yang terbang melintasi Samudra Atlantik. Kemudian video awan merah tersebut diunggah oleh salah satu pengguna Twitter dengan narasi "Video footage of a mysterious red glow over the Atlantic Ocean" (Cuplikan video dari cahaya merah misterius di atas Samudra Atlantik-Red).

Usut punya usut, hasil penelusuri melalui Turnbackhoaks, cahaya tersebut ternyata berasal dari lampu kapal penangkap ikan sauri dan cumi-cumi di Samudra Atlantik. 

Dikutip dari laman Delta, salah satu produsen dari hal itu adalah lampu nelayan pemburu ikan sauri.

Kapal yang digunakan berukuran besar untuk menangkap ikan sauri dan cumi-cumi. Dan biasanya dilengkapi lampu untuk menarik ikan dan cumi-cumi agar mendekat ke kapal.

Biasanya satu kapal dipasangi ratusan lampu LED daya 1.000 hingga 4.000W yang dipasang. Kadang kapal mengganti dengan lampu HID yang kuat namun boros daya. 

Sementara itu ikan sauri sendiri biasanya dapat ditemukan dari lepas pantai Kanada sampai Bermuda dan untuk pergi berlayar mencari ikan, para nelayan menggunakan pencahayaan tersebut di tengah laut.