Polisi Tunda Konser Dewa 19, Ini Alasannya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. (Foto : Viva)

AntvPolda Metro Jaya telah membatalkan acara konser grup band Dewa 19 di Stadion JIS, Jakarta Utara. Polisi mengklaim tragedi Itaewon, Seol, Korea Selatan menjadi salah satu alasan pembatalan konser tersebut.

Konser grup band Dewa 19 akan diundur pada Februari 2023.

"Kami tidak ingin contoh di Itaewon, Seoul, Korea, gimana banyak korban. Polisi memandang untuk faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (3/11/2022).

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini mengatakan, polisi dan panitia konser Dewa 19 belum membahas soal teknis pengamanan acara itu. Kata Zulpan, panitia juga belum pernah merinci perihal gelaran acara itu hingga faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton.

"Ini karena kami belum mengeluarkan izin ya berarti Polda belum tahu kegiatan itu bagaimana. Kan harusnya sebelum izin dikeluarkan dari Polda memanggil panitia penyelenggara memaparkan bagaimana konsep acara, jumlah penonton kemudian bagaimana flow-nya, kemudian dari segi pengaturan. Ini belum sempat terjadi pertemuan itu belum ada," katanya.

Seperti ditulis VIVA.co.id, Festival Berdendang Bergoyang di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pekan lalu yang melebihi kapasitas sampai membuat korban pingsan juga jadi salah satu pertimbangan polisi belum mengeluarkan izin konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS).

Belum lagi, tiket sudah terjual 60 ribu lembar padahal izin dari polisi belum rampung.