Amankan Gelaran KTT G20, TNI Kirim 252 Unit Mobil Listrik Berbasis Baterai

Amankan Gelaran KTT G20, TNI Kirim 252 Unit Mobil Listrik
Amankan Gelaran KTT G20, TNI Kirim 252 Unit Mobil Listrik (Foto : Dok. Pusat Penerangan TNI)

Antv – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) telah mengirimkan 252 unit kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), untuk memastikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022, berjalan aman dan lancar.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Kisdiyanto menjelaskan, pengiriman kendaraan listrik ini tak lain untuk mendukung tugas pengamanan dan pengawalan oleh prajurit TNI terhadap kepala negara.

Lebih lanjut Kisdiyanto mengatakan, 252 kendaraan listrik tersebut terdiri dari mobil kawal sebanyak 42 unit. Rinciannya, 12 unit tipe Hyundai Ioniq dan 30 unit tipe Hyundai Ioniq Five yang seluruhnya merupakan produksi Korea Selatan pada 2022.

Sedangkan 126 unit motor kawal dan 84 unit motor penyelamatan dilengkapi dengan helm, jaket, celana, sepatu dan sarung tangan adalah merk Zero SRFM, produksi tahun 2022 dari Amerika Serikat.

Untuk KLBB roda empat dikirim melalui jalur laut menggunakan KRI Tanjung Kambani-971. Dan untuk KLBB roda dua dikirim melalui jalur darat dengan menggunakan trailer.

Seperti dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa (1/11/2022), TNI AL juga menyiapkan 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), juga untuk mengamankan KTT G20.

"Ini untuk mengamankan pemimpin-pemimpin negara. Sehingga kita harus betul-betul menyiapkan kapal-kapal yang siap tempur," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.