Dinkes DKI Sebut Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Bertambah Jadi 90 Orang

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. (Foto : Viva)

Antv –Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan kasus gagal ginjal akut yang terjadi pada anak bertambah menjadi 90 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data hingga Senin (24/10/2022).

"Data DKI Jakarta sampai 24 Oktober 2022 tercatat terlaporkan sebanyak 90 kasus," kata Widyastuti kepada wartawan usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, pada Selasa (25/10/2022).

Dari kasus tersebut 44 anak meninggal dunia dari data yang dihitung sejak Januari 2022.

"Secara umum saat ini di DKI Jakarta dari Januari ya dari 90 yang tercatat, 49 persen meninggal, kemudian sedang dirawat saat ini 26 anak, kemudian yang survive 15 anak," ucapnya.

Dinkes DKI mencatat, peta sebaran kasus gagal ginjal akut pada anak bukan hanya berdomisili di Jakarta, melainkan berada di daerah lain yang mendapat perawatan di Ibu Kota.

"56 persen di DKI Jakarta, kemudian 20 persen Jawa Barat dan 12 persen di Banten yang lainnya dari luar Jabodetabek," terangnya.

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan pihaknya terus melakukan langkah mitigasi untuk menekan adanya pertambahan kasus pada gagal ginjal akut pada anak ini.