Heboh Warga Temukan Ikan Duyung Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Natuna

Heboh Warga Temukan Ikan Duyung Mati Tersangkut Jaring Nelayan
Heboh Warga Temukan Ikan Duyung Mati Tersangkut Jaring Nelayan (Foto : Tangkap Layar)

AntvNelayan Pulau Subi, Natuna, Kepulauan Riau, menemukan Dugong atau ikan Duyung dengan panjang dua meter, mati akibat tersangkut jaring.

"Seharusnya ada edukasi terkait dengan mamalia yang dilindungi, dan beberapa pelatihan terkait dengan cara penyelamatan mamalia yang terdampar di pantai atau tersangkut jaring," kata Daeng Cambang pemerhati satwa dan lingkungan Komunitas Jelajah Bahari Natuna saat dihubungi dari Natuna, Jumat (21/10/2022).

Terkait penemuan dugong di Subi oleh warga tersebut Ia meyakini akan lebih baik jika ada penanganan secara tepat, karena tersangkut jaring dugong itu tidak langsung mati.

"Jika terjadi kesalahan penanganan, mamalia akan stres dan mati. Dugong kalau tersangkut jaring masih punya waktu hidup lama hingga 6 jam, lebih dari itu ia akan lemah," kata Cambang.

Sementara Camat Subi, Awang membenarkan jika salah satu warganya menemukan dugong dalam kondisi mati dan telah dijadikan masakan pada acara pesta nikah warga setempat.

"Pukat itu dipasang semalam, waktu nelayan ngangkat ada itu (dugong)," ucapnya saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Ia mengatakan, mendapat keterangan dari nelayan Dugong tersebut ditemukan dalam kondisi mati karena diduga akibat terlalu lama di dalam jaring.