Komnas HAM Luncurkan Sistem Informasi Pusat Sumber Daya HAM Nasional

Komnas HAM luncurkan Pusdahamnas.
Komnas HAM luncurkan Pusdahamnas. (Foto : Komnas HAM)

AntvKomnas HAM telah melakukan soft launching Sistem Informasi Pusat Sumber Daya Hak Asasi Manusia Nasional (Pusdahamnas) pada Kamis (20/10/2022). 

Pusdahamnas dibangun dan dikembangkan sebagai Center of Excellent Komnas HAM. Melalui Pusdahamnas, Komnas HAM dan lembaga mitra, akan mampu membumikan prinsip dan nilai HAM kepada seluruh lapisan masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan.

Sistem informasi Pusdahamnas dapat dimanfaatkan bersama dalam berbagi pakai data, informasi, dokumen serta sumber daya HAM yang terbuka untuk publik.

Pada 2022, terdapat delapan mitra lembaga Pusdahamnas, yaitu LPSK, Komnas Perempuan, KPAI, Universitas Surabaya, Universitas Negeri Medan, Pusham UII, Serikat Pengajar HAM Indonesia, dan SAFE Net.

Sejak Komnas HAM berdiri tahun 1993, isu HAM terus berkembang, namun data mengenai HAM masih tersebar dimana-mana. Salah satu kesulitannya adalah ketika pemerintah harus menyusun laporan National Report untuk Universal Periodic Review (UPR), maka harus minta ke setiap lembaga satu per satu.

Dari situlah kemudian Komnas HAM memprakarsai perlunya dibentuk Pusdahamnas yang bukan hanya untuk mengelola data di dalam Komnas HAM, namun juga di lembaga lain melalui proses penyimpanan, pengoalahan, dan pemanfaatannya secara bersama.

Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga menyampaikan bahwa Pusdahamnas merupakan program prioritas nasional Komnas HAM tahun 2022 – 2024. Alasannya karena pengolahan data dan informasi HAM selama ini belum dilakukan secara optimal dan berkelanjutan.