Banjir di Kabupaten Karawang Berdampak Pada 321 Jiwa

Banjir di Karawang Jawa Barat.
Banjir di Karawang Jawa Barat. (Foto : BNPB)

Antv –Sebanyak 321 jiwa terdampak banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (14/10/2022).

Fenomena yang dipicu hujan deras itu terjadi pada pukul 06.00 waktu setempat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang melaporkan Tinggi Muka Air (TMA) saat kejadian berkisar antara 60 hingga 90 sentimeter.

Akibatnya, 96 unit rumah warga terdampak. Akan tetapi, banjir tidak sampai menyebabkan warga mengungsi.

BPBD Kabupaten Karawang segera menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan asesmen dan menurunkan bantuan logistik permakanan untuk memunuhi kebutuhan darurat warga yang terdampak.

"Kemarin sudah langsung diturunkan logistik, saat ini kondisi banjir sudah surut," sebut Koordinator Unit Data dan Informasi, Pusdalops BPBD Kabupaten Karawang saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (15/10/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan potensi cuaca ekstrem di Indonesia yang masih akan berlanjut hingga 21 Oktober mendatang.

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lewab di antaranya adalah Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara.