BPJSTK dan Jaringan Indonesia Bersatu Gelar Pelatihan Bagi UMKM

Pelatihan BPJSTK dan Jaringan Indonesia Bersatu bagi UMKM.
Pelatihan BPJSTK dan Jaringan Indonesia Bersatu bagi UMKM. (Foto : Istimewa)

Antv –Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar pelatihan bersama Jaringan Indonesia Bersatu (JIB) pada Rabu (11/10/2022).

Pelatihan fokus pada bagaimana laporan keuangan bagi UMKM dibuat supaya memenuhi standar operasional usaha. Kepala BPJS Perwakila Jakarta Muska Wirya mengungkapkan pelatihan ini sangat bagus untuk membantu UMKM.

“Saat ini kami dan Jaringan Indonesia Bersatu menggandeng kami dapat memberikan sosialisasi bagi pelaku UMKM. Dengan adanya manfaat bagi perlindungan jaminan sosial UMKM,” ungkap Muska saat membuka pelatihan di Kantor DPP JIB Jakarta Selatan.

Ia juga menambahkan, pelatihan ini bagus untuk meningkatkan performa UMKM.

“Kami harapkan kerja sama ini bisa berjalan secara berkelanjutan, karena masih banyak pekerja lain yang membutuhkan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Harapan kami pelatihan ini bisa berjalan secara berkesinambungan. Karena masih banyak juga para pekerja lain yang belum mengetahui manfaat dari BPJS ketenagakerjaan,” ujar Muska.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 100 perserta dari Komunitas Kewirausahaan Wanita DKI Jakarta. Pelatihan diisi oleh fasilitator dari Garda Transfumi yang ditujukan untuk UMKM untuk membuat laporan keuangan secara sederhana sekelas UMKM.

Sedangkan Ketua Umum DPP Jaringan Indonesia Bersatu Muhammad Kadafi mengungkapkan pelatihan ini bentuk dukungan kepada pemerintah.