Turap Setinggi 6 Meter Ambruk Timpa 5 Rumah dan Saluran Irigasi

Turap Setinggi 6 Meter Ambruk Timpa 5 Rumah dan Saluran Irigasi
Turap Setinggi 6 Meter Ambruk Timpa 5 Rumah dan Saluran Irigasi (Foto : antvklik-Ronaldo Barmantyo)

Antv – Hujan deras yang menguyur wilayah Wonosobo, Jawa Tengah, pada Selasa (11/10/22) siang hingga sore, mengakibatkan turap setinggi 6 meter dan tinggi 3 meter longsor.

Akibat kejadian tersebut 5 rumah milik warga di Kampung Rowopeni, Kelurahan Kalianget, Wonosobo, Jawa Tengah rusak akibat tertimpa material senderan yang longsor.

Menurut Koordinator Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Mondleng Sabarno, turap tersebut longsor karena tidak mampu menahan debit air saat hujan deras yang terjadi pada Selasa siang (11/10/22), pukul 11.40 WIB.

“Karena hujan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan turap di samping pemukiman warga longsor dan menimpa 5 rumah,” ujarnya

Kerusakan rumah warga yang ditimbulkan akibat longsor rata-rata terletak pada ruang dapur dan kamar mandi. Namun terdapat satu rumah milik warga yang nyaris roboh akibat tertimpa dinding turap dan material tanah.

Sebanyak 23 jiwa penghuni lima rumah tersebut kini telah diungsikan ke lokasi yang lebih aman. Tim gabungan BPBD Wonosobo, TNI, POLRI, Satpol PP dan warga pun sejak sore tadi mulai membersihkan material lumpur dan air yang menggenang di dalam rumah dan sekitar pemukiman warga.

“BPBD, TNI, POLRI, satpol PP dan warga sore ini mulai membersihkan material longsor disekitar lokasi kejadian dan mengevakuasi barang-barang milik penghuni rumah. Ada 23 jiwa yang mengungsi dirumah kerabatnya,” ungkapnya.