KPC Anak Usaha BUMI Raih Penghargaan Bergengsi Subroto Award 2022

BUMI Raih Penghargaan Bergengsi Subroto Award 2022
BUMI Raih Penghargaan Bergengsi Subroto Award 2022 (Foto : Istimewa)

Antv – PT Bumi Resources Tbk. (“BUMI” atau “Perseroan”) sebagai Produsen Batubara Terbesar di Indonesia kembali meraih penghargaan melalui unit usaha PT Kaltim Prima Coal (“KPC”) dalam Subroto Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Penyerahan penghargaan dilakukan secara online pada Selasa (4/10/2022) dan offline Rabu (5/10/2022). 

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi sektor energi dan sumber daya mineral yang diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia. 

Tahun 2022 merupakan tahun ke-5 Subroto Award dilaksanakan. Dari tahun 2018-2022 KPC selalu raih Penghargaan Subroto Award, dengan bidang yang berbeda-beda yakni: 

1. 2022: 

➢ Inovasi Teknologi Pertambangan Mineral dan Batubara yang Efektif menuju Net Zero Emission Kategori: Pada IUP, IUPK dan PKP2B Komoditas Batubara. Pada kategori Inovasi Teknologi, program KPC yang menjadi penilaian adalah Konfigurasi Kolam – Solusi Cerdas Cegah Pencemaran dan Tingkatkan Produksi Pangan Serta Berdampak Pada Pengurangan Emisi. 

➢ PPM Terinovatif Badan Usaha Pertambangan Batubara sub kategori PKP2B/IUPK/BUMN. Pada kategori PPM Terinovatif, program KPC yang menjadi penilaian adalah Program Penyediaan dan Pasokan Air Baku Telaga Kenyamukan untuk PDAM yang Melayani Masyarakat dan Program Air Bersih Desa Tepian Makmur di Kecamatan Rantau Pulung yang dikelola BUMDesa. 

➢ Efisiensi Energi : Inovasi Khusus Manajemen Energi Pada kategori Efisiensi Energi – Inovasi Khusus Manajemen Energi, program yang menjadi penilaian adalah Utilisasi Kelebihan Horse Power Truck HD785-7 untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada pengangkutan batubara.