Presiden Jokowi Dinobatkan 'Dada Madopo Malamo' Kesultanan Ternate

Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Dada Madopo Malamo
Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Dada Madopo Malamo (Foto : antvklik-Iqbal Hamzah)

Antv – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mendapat tamu kehormatan sekaligus dinobatkan sebagai Dada Madopo Malamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate.

Penobatan itu sekaligus menjadikan Presiden Jokowi sebagai Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat.

Penobatan diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah, di keraton Kesultanan Ternate,Rabu (28/9/2022).

Selain pengukuhan sebagai Dada Madopo Malamo dari Sultan Ternate K-49, Presiden Jokowi juga diberikan kesempatan untuk melihat melihat isi Keraton Ternate, yang berada di Kelurahan Salero, Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate.

Penganugerahan jabatan dari Kesultanan Ternate kepada Kepala Negara tersebut, disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan perangkat adat Kesultanan Ternate.

Usai menerima gelar Dada Madopo Malamo dari Keselutanan Ternate, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terimakasih ke Sultan Ternate Ke-49 yang telah memberikan gelar Dada Madopo Malamo.

“Adat tradisi kearifan lokal,memang kita terus jaga dan merawat. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh sultan Ternate,” ungkap Jokowi.