TNI AL Gelar Diklat Integrasi Siswa TNI AL dengan Siswa Polri

Diklat Integrasi Siswa TNI AL dan Siswa POLRI
Diklat Integrasi Siswa TNI AL dan Siswa POLRI (Foto : DISPENAL)
Kodiklatal menyelenggarakan Diklat Integrasi untuk mengajarkan pentingnya sinergitas antara TNI dan Polri.

Antv – Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen  pertahanan dan keamanan, Kodiklatal menyelenggarakan Diklat Integrasi untuk mengajarkan pentingnya sinergitas antara TNI dan Polri. Diklat Integrasi ini diadakan selama dua hari, pada 20 - 21 September 2022.

Acara yang merupakan kegiatan non rutin Kodiklatal ini diikuti sebanyak 250 personel  Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLII Satdik-2 Kodiklatal di Makassar  dengan Siswa Diktuk Bintara Polri Gel. II TA. 2022 SPN Polda Sulsel Batua sebanyak 500 personel.

Di hari pertama kegiatan, Rabu (20/9) dilaksanakan Upacara Pembukaan Diklat Integrasi Siswa Satdik-2 dengan Siswa SPN Polda Sulsel di Dermaga Layang Mako Lantamal VI yang diikuti pasukan upacara dari TNI AL oleh Lantamal VI dan pasukan Polri dari Satbrimob, Ditpolair, Ditlantas dan Ditobvit Polda Sulsel.

Usai upacara pembukaan, diteruskan kegiatan pengenalan dan praktek materi Sea Survival bagi siswa SPN Polda Sulsel yang wakili 20 siswa Polri dengan Pelatih dari Satdik-2. Dilanjutkan acara Fun Game Kolaborasi siswa Satdik-2 dengan siswa SPN Polda Sulsel bertempat di Lapangan Lantamal VI.

Kegiatan berikutnya adalah panggung prajurit bagi seluruh Siswa Satdik dan Siswa SPN, diantaranya menyanyikan lagu "Jalesveva Jayamahe" sambil berjoget bersama yang dipandu oleh siswa Satdik-2 dan ditutup dengan makan siang bersama bertempat di Joglo Jalaria Lantamal VI.

Sementara itu pada hari kedua, Kamis (21/9) dilaksanakan Apel Pagi Gabungan seluruh Peserta Diklat dan pendukung, dipimpin oleh Kepala SPN Polda Sulsel bertempat di Mako SPN Polda Sulsel Batua.

Usai apel pagi dilaksanakan Demo Yel-Yel Integrasi TNI-POLRI dan menyaksikan Gelar Alut Satuan Polda Sulsel, yang terdiri dari Sat Brimob, Sat Polair, Sat Lantas, Sat Pamobvit dan Sat Sabhara, diteruskan dengan acara Panggung Gembira. Selanjutnya usai makan siang bersama  di Ruang Makan Siswa Diktukba SPN, seluruh Peserta Diklat melaksanakan Tour Of Facility di Kesatrian SPN Polda Sulsel.

Seluruh rangkaian kegiatan Diklat Integrasi ditutup dengan Upacara Penutupan Diklat Integrasi siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLII Sardik-2 Kodiklatal dengan siswa Diktukba Polri Gel.II TA. 2022 dengan Inspektur Upacara Dansatdik-2 Makassar.