Gempa Guncang Mexico M7,6 Mengakibatkan Satu Orang Tewas

Warga keluar dari bangunan saat gempa di Mexico.
Warga keluar dari bangunan saat gempa di Mexico. (Foto : Reuters)

Antv –Mexico diguncang gempa berkekuatan M7,6 terjadi di Mexico bagian barat pada Senin (19/9/2022). Gempa tersebut menyebabkan satu orang tewas, merusak bangunan, memutuskan aliran listrik dan membuat penduduk Mexico City berebut keluar untuk menyelamatkan diri.

Presiden Mexico Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan seseorang telah meninggal di Pelabuhan Pasifik Manzanillo setelah tertimpa reruntuhan dinding sebuah toko. Pihak berwenang juga melaporkan kerusakan pada dua rumah sakit di negara bagian barat Michoacan dekat pusat gempa yang berada di bagian Mexico yang berpenduduk jarang.

Gempa M7,6 terjadi sekitar pukul 13.00 waktu setempat di dekat pantai barat dekat perbatasan Michoacan dengan negara bagian Colima tepatnya di daerah Manzanillo. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) gempa tersebut relatif dangkal dengan kedalaman 15 kilometer yang berdampak kuat.

Pusat peringatan Tsunami Pasifik Amerika Serikat mengeluarkan peringatan tsunami untuk sejumlah bagian pantai di Mexico. Mereka menginformasikan gelombang bisa mencapai 1 hingga 3 meter di atas permukaan air kemungkinan bisa terjadi.

Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum menjelaskan tidak ada laporan kerusakan besar di ibu kota setelah terjadi gempa.

Warga mengaku kaget dan merasakan getaran gempa kuat.

“Sepertinya mirip kutukan,” ungkap seorang desainer grafis, Isa Montes.