Girah Kebangsaan dan Kebersamaan Prof Azyumardi Azra

Girah Kebangsaan dan Kebersamaan Prof Azyumardi Azra
Girah Kebangsaan dan Kebersamaan Prof Azyumardi Azra (Foto : Kolase)

Antv – Menurut Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, kabar ini mengagetkan semua pihak karena sebelum wafat beliau sehat bugar.

"Kabar ini mengagetkan kita semua karena sebelum wafat beliau sehat bugar dan masih menjalankan tugas-tugas sebagai cendekiawan publik dan akademisi. Kepergiannya ke Kuala Lumpur pun untuk menjadi narasumber di sebuah seminar keislaman," ujarnya.

"Saya mengenal beliau di acara seminar, baik nasional ataupun internasional. Selain itu, tentu saja saya membaca karya-karyanya. Dari perjumpaan seperti itu, saya sangat merasakan bahwa Prof. Azra memiliki girah kebersamaan dalam konteks kebangsaan atau kultur kesantrian NU dan Muhammadiyah," tambahnya.

KH Yahya Cholil Staquf juga menambahkan, di banyak kesempatan, almarhum mengatakan bahwa NU dan Muhammadiyah adalah pilar keislaman yang menopang kehidupan bersama dalam satu bangsa.

"Islam ala NU dan Muhammadiyah mengedepankan nilai-nilai kebangsaan serta semangat cinta tanah air. Modalnya jelas: Islam tawasut, moderat, rahmatan lil alamin, dan berkeadilan ada dalam Pancasila. Ini semua tidak bertentangan dengan Islam. Begitu kira-kira yang sering saya dengar dari Prof. Azra," ujarnya.

Di kalangan Islam tradisionalis, sumbangsih Prof. Azra cukup jelas. Disertasinya tentang jaringan ulama Timur Tengah dan kepulauan Nusantara abad ke-17 dan 18 adalah salah satu rujukan penting bagi wacana Islam Nusantara. 

Prof Azyumardi Azra juga selalu hadir saat diundang NU. Terakhir, menghadiri acara internal Lakpesdam PBNU pada awal September 2022.