BMKG Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Sepekan ke Depan

Hujan menyebabkan banjir (Ilustrasi).
Hujan menyebabkan banjir (Ilustrasi). (Foto : Antv)

Antv –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ektrem yang akan terjadi di Indonesia. Hujan lebat yang disertai petir dan angin terjadi di sejumlah Provinsi.

“BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, dimana saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan kedepan,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam sebuah keterangan tertulisnya, Jumat (9/9/2022).

Potensi cuaca ekstrem dipicu oleh peningkatan pertumbuhan awan yang membawa uap air.

“Potensi cuaca ekstrem tersebut diidentifikasi dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer sebagai berikut; adanya potensi belokan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan,” ungkapnya.

“Selain itu aktifnya fenomena atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby Ekuatorial, dan Gelombang Kelvin dalam sepekan kedepan dapat turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan,” lanjutnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan informasi Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat dengan Kategori SIAGA untuk periode 3 (tiga) hari kedepan (10-12 September 2022) berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut.

“DKI Jakarta, dan Sulawesi tengah,” jelasnya.