Bio Farma Siap Produksi Puluhan Juta Vaksin IndoVac

Bio Farma Siap Produksi Puluhan Juta Vaksin IndoVac
Bio Farma Siap Produksi Puluhan Juta Vaksin IndoVac (Foto : Dok. biofarma.co.id)

Antv – PT Bio Farma (Persero), badan usaha milik negara (BUMN) di bidang farmasi dan kesehatan, berhasil menorehkan sebuah pencapaian (milestone) penting bagi Indonesia di bidang farmasi dalam pengembangan vaksin Covid-19, IndoVac, yang telah dilakukan sejak November 2021.

PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi vaksin IndoVac mencapai 20 juta dosis untuk tahap awal. Kapasitas produksi dapat dinaikkan menjadi 40 juta dosis per tahun pada 2023, dengan penambahan fasilitas produksi.

"Selanjutnya kapasitas produksi bisa dinaikkan lagi menjadi 100 juta dosis per tahun pada 2024. Jadi tergantung pada kebutuhan dan permintaan," kata Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Honesti menjelaskan, IndoVac dapat digunakan untuk vaksinasi individu berusia 18 tahun ke atas secara massal. Uji klinis telah dilakukan pada fase 1-2, serta proses uji klinis fase 3 untuk usia 18 tahun.

Dari hasil uji klinis fase 1-2, IndoVac memiliki efikasi yang tidak kalah dengan vaksin Covid-19 lainnya. Sejak Juli 2022, Bio Farma juga berkomunikasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk pemenuhan data-data pendukung. 

"Sehingga izin penggunaan darurat Emergency Use Authorization (EUA) diharapkan dapat dirilis dalam waktu dekat. Diperkirakan pertengahan September 2022," tandasnya.

Selain itu, Bio Farma, menurut Honesti, telah mendaftarkan nama vaksin IndoVac ke Ditjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM pada 29 Juli 2022.