WHO Tunda Izin Vaksin Sputnik V Buatan Rusia, Alasannya?

WHO Tunda Izin Vaksin Sputnik V Buatan Rusia, Alasannya?
WHO Tunda Izin Vaksin Sputnik V Buatan Rusia, Alasannya? (Foto : )
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini masih belum memberikan izin internasional untuk vaksin Sputnik V buatan Rusia.
Vaksin Sputnik V buatan Rusia, hingga saat ini masih belum mendapat izin dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Izin internasional vaksin Sputnik V sebetulnya sudah diajukan sejak bulan Februari, namun ada kendala yang membuat WHO menunda prosesnya.Penundaan dilakukan karena salah satu pabrik yang memproduksi vaksin itu, disebut gagal memenuhi standar saat dilakukan inspeksi. Izin rencananya akan ditunda sampai dilakukan inspeksi baru."Produser vaksin harus mempertimbangkannya, membuat perubahan yang diperlukan, dan bersiap untuk inspeksi baru. WHO menunggu kabar kabar pabrik sudah memenuhi standar," kata Asisten Direktur Pan American Health Organization, Jarbas Barbosa, seperti dikutip dari
euronews pada Kamis (23/9/2021).Hal ini membuat sebagian warga Rusia sengaja bepergian ke luar negeri hanya demi mendapatkan dosis vaksin Covid-19 yang lain."Saya percaya Sputnik, tapi ini tidak diakui di luar Rusia. Aturan bepergian di dunia mewajibkan saya harus punya sertifikat vaksin internasional supaya bisa kerja dengan nyaman," kata salah satu warga Moskow, Maria, dikutip dari Reuters. Studi dalam jurnal The Lancet melaporkan efikasi vaksin Sputnik V bisa sampai 91,6 persen.