Bolehkah Vaksin Covid-19 Saat Sedang Flu? Ini Kata Ahli

Bolehkah Vaksin Covid-19 Saat Sedang Flu? Ini Kata Ahli
Bolehkah Vaksin Covid-19 Saat Sedang Flu? Ini Kata Ahli (Foto : )
Bolehkah vaksin Covid-19 saat sedang flu? CDC tidak menyarankan seseorang yang sedang terkena flu atau penyakit seperti pilek untuk divaksinasi Covid-19.
Pertanyaan tentang bolehkah vaksin saat sedang flu, mungkin banyak ditanyakan oleh orang yang akan menerima vaksin Covid-19. Lalu, bolehkan kita melakukannya?Dikutip dari
Prevention , Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak menyarankan seseorang yang sedang terkena flu atau penyakit seperti pilek untuk divaksinasi Covid-19.Artinya, jika Anda sedang flu sebaiknya vaksinasi Covid-19 ditunda. Penundaan ini bukan berarti ketika kita sedang flu kemudian menerima vaksin, maka risiko efek samping yang akan dirasakan semakin besar.Menurut pakar penyakit menular, Amesh A Adalja, MD, apabila Anda sedang mengalami gejala penyakit pernapasan bagian atas, seperti flu atau pilek, dikhawatirkan sedang terkena Covid-19. Oleh karena itu, sebaiknya pasien menunda untuk divaksinasi."Tidak ada bukti bahwa penyakit akut dapat mengurangi kemanjuran vaksin, atau meningkatkan efek samping vaksin," ucap CDC.Sementara itu, ahli penyakit menular di University at Buffalo, John Sellick, lebih menyarankan untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu sebelum divaksinasi, jika Anda sedang mengalami gejala flu.Sependapat dengan Sellick, seorang spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine, William Schaffner, MD, mengatakan ada baiknya Anda menunggu sampai kondisi tubuh sudah pulih, sehingga vaksinasi Covid-19 menjadi lebih aman dari risiko penularan.