Lagi Ditemukan Zat Asing di Sejumlah Vaksin Moderna di Jepang

vaksin Moderna reuters
vaksin Moderna reuters (Foto : )
Kembali ditemukan  zat asing pada sejumlah vaksin Moderna di Jepang. Disebutkan, ada zat berwarna hitam dan merah jambu pada vaksin itu.
Zat asing pada vaksin Covid-19 buatan Moderna, ditemukan di sebuah pusat vaksinasi massal di Okinawa, Jepang, pada akhir pekan  kemarin.Seorang apoteker mendapati zat berwarna hitam di alat suntik yang berisi vaksin yang dikembangkan perusahaan Amerika Serikat itu.Kemudian, satu lagi alat suntik dan satu botol ditemukan berisi zat berwarna hitam. Di samping itu, juga ada zat berwarna merah jambu yang ditemukan di alat suntik lain yang berisi vaksin.Dengan penemuan ini, otoritas kesehatan  Okinawa menghentikan vaksinasi di tempat itu dan vaksinasi masih ditangguhkan pada Minggu (29/8/2021).

Mengandung Magnet

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Jepang telah menangguhkan penggunaan vaksin Moderna dari tiga lot. Ini dilakukan setelah ditemukannya zat asing pada botol vaksin yang belum dibuka di beberapa tempat vaksinasi.
Zat-zat asing ditemukan pada beberapa dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna di delapan pusat vaksinasi di Jepang sejak 16 Agustus 2021. Vaksin yang masih dalam kondisi belum dibuka itu diproduksi di pabrik Spanyol.
Para pejabat Kemenkes Jepang kemudian memerintahkan 863 tempat vaksinasi di seluruh negeri untuk menangguhkan penggunaan 1,64 juta dosis vaksin Moderna mulai Kamis (26/8/2021) lalu.
Para pejabat mengatakan zat asing itu berbentuk partikel dan diyakini sebagai logam karena tertarik oleh magnet.