Ternyata Hati Ayam Lebih Bernutrisi Dibandingkan Dada Ayam

Ternyata Hati Ayam Lebih Bernutrisi Dibandingkan Dada Ayam
Ternyata Hati Ayam Lebih Bernutrisi Dibandingkan Dada Ayam (Foto : )
Meskipun kurang populer dan tidak menjadi sumber protein utama, ternyata hati ayam lebih bernutrisi dibandingkan dada ayam.
Hati ayam adalah makanan yang sering dipandang sebelah mata dan tidak menjadi sumber protein utama. Apalagi jika dibandingkan dengan dada ayam yang sering menjadi pilihan banyak orang. Padahal, di balik tampilannya yang tidak terlalu menarik, hati ayam mengandung nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dada ayam.Dilansir dari
USDA Nutrient Database , hati ayam merupakan sumber nutrisi yang luar biasa untuk tubuh. dalam 100 gram hati ayam, terkandung 167 kccal, 0,9 karbohidrat, 4,8 gram lemak, 749 miligram omega-6, dan 24,5 gram protein. 100 gram hati ayam juga dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 sebesar 281 persen, vitamin A sebesar 267 persen, folat 144 persen, dan vitamin B2 sebesar 117 persen.Selain itu, hati ayam juga mengandung vitamin B5 sebesar 67 persen untuk memenuhi kebutuhan harian, vitamin B3 sebesar 55 persen, vitamin C 47 persen, vitamin B6 sebesar 38 persen, vitamin B1 sebesar 19 persen, dan sedikit vitamin E.Kandungan ini sangat mengejutkan terutama kandungan vitamin C. Jarang ada sumber protein yang mengandung vitamin C, karena biasanya vitamin C terkandung di dalam buah dan sayur.Dalam 100 gram hati ayam, terkandung berbagai mineral seperti selenium sebesar 118 persen dari kebutuhan harian, zat besi sebanyak 65 persen, fosfor sebanyak 41 persen, zinc sebesar 27 persen, serta beberapa mineral penting lainnya. Terdapat pula, beberapa mineral lainnya dalam jumlah kecil, antara lain mangan, magnesium, sodium, dan kalsium.Hati ayam mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Vitamin B bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi yang bisa digunakan tubuh. selain itu, vitamin B juga penting untuk perbaikan sel dan sintesis DNA.Selain itu, hati ayam juga mengandung vitamin A yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan sistem imun. Hati ayam juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori, sehingga bakik dikonsumsi saat diet. Dalam 100 gram hati ayam, hanya terkandung 167 kalori, setara dengan kalori yang terkandung pada dada ayam.