Segudang Manfaat Buah Tin, Buah yang Disebut dalam Al Quran

Segudang Manfaat Buah Tin, Buah yang Disebut dalam Al Quran
Segudang Manfaat Buah Tin, Buah yang Disebut dalam Al Quran (Foto : )
Beberapa manfaat buat tin di antaranya, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu tubuh mengelola kadar gula darah.
Buah ara di dalam Al Quran disebut dengan buah tin. Bahkan, buah ini juga disebutkan di dalam Al Quran, yakni dalam surat At-Tin. Buah tin memiliki segudang manfaat, sehingga buah ini bisa menjadi pilihan kudapan buka puasa dan sahur selama Ramadan.Buah tin adalah buah yang sangat unik, bentuknya menyerupai tetesan air mata. Ukurannya sebesar ibu jari orang dewasa, dan berisi ratusan biji kecil serta memiliki kuliat buah berwarna ungu atau hijau yang bisa dimakan. Daging buah tin berwarna merah muda, teksturnya lembut dan memiliki cita rasa manis.Dilansir dari
Healthline , Rabu (28/4/2021) buah bernama latin Ficus carica ini, memiliki kandungan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Seperti kurma, manfaat buat tin di antaranya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu tubuh mengelola kadar gula darah.Buah tin yang segar, kaya akan nutrisi dan relatif rendah kalori, jadi bisa menjadi kudapan sehat selama berpuasa. Buah tin juga sangat bagus sebagai nutrisi tambahan untuk diet, bahkan untuk Anda yang sedang menjalankan puasa Ramadan.Dalam buah tin segar terdapat kalori dari gula alami, sehingga buah ini sangat cocok dijadikan camilan rendah kalori yang tetap sehat untuk dikonsumsi. Buah tin kering, cenderung mengandung gula yang tinggi dan kaya kalori, karena gula menjadi pekat saat buah dikeringkan.Buah tin mengandung sejumlah kecil nutrisi, tetapi sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6. Tembaga adalah mineral penting yang terlibat dalam beberapa proses tubuh, termasuk metabolisme dan produksi energi. Selain itu, tembaga juga membantu dalam pembentukan sel darah, jaringan ikan dan neurotransmitter.Sedangkan vitamin B6 adalah vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan dan membuat protein baru. Fungsi vitamin B6 dalam buah tin berperan penting dalam menjaga kesehatan otak.