BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Hari Ini

BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Hari Ini
BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Hari Ini (Foto : )
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan soal potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Jawa Timur pada Minggu (11/4/2021) hari ini.
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, mengingtkan soal potensi cuaca ektrem di sejumlah wilayah di Jawa Timur pada Minggu (11/4/2021) hari ini.Dilansir dari
Viva , Dwikorita menjelaskan, potensi yang terjadi adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai oleh petir serta angin kencang. Ia menyebut, daerah yang perlu waspada adalah Probolinggo, Mojokerto, Blitar, Malang, Batu, Lumajang, Pasuruan, Trenggalek hingga Tulungagung.“Terutama di wilayah yang mengalami gempa itu dikhawatirkan terjadi batuan makin rapuh retak dan kalau tergulir dengan hujan yang sedang atau lebat, dapat mengakibatkan longsor,” kata Dwikorita, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Minggu (11/4/2021).Dwikorita menambahkan bahwa jika material itu terbawa longsor dan menyumbat aliran air di lereng gunung, dikhawatirkan terjadi banjir, karena tidak mampu terbendung oleh bendungan yang ada. Untuk itu, pihaknya berharap agar warga tetap waspada.“Dalam prediksi kami untuk hari ini. Besok insya Allah tidak. Nanti kami akan mengupdate untuk tiga hari ke depan,” katanya.