Dirjen WHO Sebut Dunia Akan Sulit Pulih dari Covid-19, Alasannya?

Dirjen WHO Sebut Dunia Akan Sulit Pulih dari Covid-19, Alasannya?
Dirjen WHO Sebut Dunia Akan Sulit Pulih dari Covid-19, Alasannya? (Foto : )
Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dunia akan sulit pulih dari Covid-19 tanpa adanya ketersediaan vaksin yang mencukupi.
Vaksin Covid-19 memang telah memberikan harapan baru untuk mengatasi pandemi corona, Meskipun vaksin tidak bisa langsung menyelesaikan masalah, namun kenyataannya banyak negara yang berlomba-lomba untuk mendapatkan vaksin.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa situasi ‘berebut’ vaksin seperti ini dapat mengancam program COVAX untuk memastikan negara miskin dan berpenghasilan rendah mendapatkan vaksin Covid-19 secara adil. Pasalnya, tidak sedikit negara kaya yang secara agresif membuat kesepakatan langsung dengan perusahaan farmasi demi mendapatkan vaksin.Dilansir dari
Reuters , WHO pun telah meminta kepada negara kaya untuk membagi vaksin Covid-19 secara adil, agar proses vaksinasi di seluruh dunia dapat berjalan beriringan. Namun, rencana COVAX untuk membagikan sebanyak 1,3 juta miliar dosis vaksin ke negara miskin dan berkembang di tahun ini, pendistribusiannya masih sangat lambat.Apabila hal ini masih terus berlanjut, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dunia akan sulit pulih dari Covid-19 dalam waktu dekat, tanpa adanya ketersediaan vaksin yang mencukupi.“Kami tidak bisa mengalahkan Covid-19 tanpa ekuitas vaksin. Dunia tidak akan pulih dalam waktu cepat tanpa ekuitas vaksin, ini jelas,” kata Tedros.“Kami telah membuat kemajuan besar. Tapi kemajuan ini rapuh. Kami perlu mempercepat pasokan dan distribusi vaksin Covid-19. (Namun) kami tidak dapat melakukannya jika beberapa negara terus mendekati produsen yang memproduksi vaksin yang diandalkan COVAX,” ungkapnya.