Pertama Kalinya, SpaceX Akan Bawa Warga Sipil Terbang ke Luar Angkasa Tahun Ini

Pertama Kalinya, SpaceX Akan Bawa Warga Sipil Terbang ke Luar Angkasa Tahun Ini
Pertama Kalinya, SpaceX Akan Bawa Warga Sipil Terbang ke Luar Angkasa Tahun Ini (Foto : )
SpaceX mengumumkan rencananya untuk membawa warga sipil atau non-astronot untuk pertama kalinya ke luar angkasa pada tahun ini.
Space X mengumumkan rencananya untuk meluncurkan misi sipil atau non-astronot pertama ke luar angkasa. Rencananya, misi ini akan membawa empat warga sipil pada kuartal keempat tahun ini.Dilansir dari
AFP , Selasa (2/2/2021), keempat warga sipil yang ikut misi itu adalah pengusaha Jared Issacman dan tiga warga sipil lainnya yang akan mendapat pelatihan astronot sebelum berangkat. Perjalan selama beberapa hari ini akan menjadi misi awak warga sipil pertama ke luar angkasa.SpaceX merupakan perusahaan produsen dirgantara dan jasa transportasi luar angkasa yang didirikan oleh Elon Musk tahun 2002, dan berkantor di California AS. Dituturkan pihak SpaceX bahwa Isaacman menyumbangkan tiga kursi di sampingnya kepada individu-individu dari masyarakat uumum yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.SpaceX mengatakan bahwa peluncuran misi sipil dengan pesawat luar angkasa bernama Dragon buatan SpaceX itu, ditargetkan tidak lebih awal dari kuartal keempat tahun ini.Satu kursi dalam misi ini akan diberikan kepada seorang pegawai dari Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude, yang merawat kanker pada anak dan penyakit anak lainnya. Kursi kedua akan diberikan kepada individu yang mengikuti undian dan didorong untuk menyumbang ke rumah sakit itu. Kursi ketiga akan dipilih oleh panel hakim dari pengusaha yang menggunakan alat e-commerce dari perusahaan Isaacman, Shift4 Payments.“Ketiganya akan menerima pelatihan astronot komersial oleh SpaceX pada kendaraan peluncuran Falcon9 dan pesawat luar angkasa Dragon,” demikian pernyataan SpaceX.Disebutkan juga oleh SpaceX bahwa selama misi beberapa hari, mereka akan mengorbit Bumi setiap 90 menit. Setelah misi itu, pesawat luar angkasa akan masuk kembali ke atmosfer Bumi untuk melakukan pendaraan air di lepas pantai Florida, AS.Selain misi sipil pertama atau yang disebut juga misi komersial pertama itu, SpaceX juga akan meluncurkan dua misi berawak untuk NASA pada tahun ini, termasuk salah satunya pada musim semi, dan empat misi kargo pengisian bahan bakar dalam 15 bulan ke depan.