Pola Makan Nabati Rendah Lemak Ampuh Tingkatkan Metabolisme dan Turunkan Berat Badan

Pola Makan Nabati Rendah Lemak Ampuh Tingkatkan Metabolisme dan Turunkan Berat Badan
Pola Makan Nabati Rendah Lemak Ampuh Tingkatkan Metabolisme dan Turunkan Berat Badan (Foto : )
Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pola makan nabati rendah lemak terbukti ampuh meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.
Metabolisme adalah kemampuan tubuh dalam membakar kalori yang dikonsumsi. Jika usaha Anda untuk menurunkan berat badan tidak berhasil, bisa jadi itu karena masalah metabolisme yang lambat.Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap cara mudah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, menemukan bahwa pola makan nabati rendah lemak, memungkinkan orang dewasa yang kelebihan berat badan dapat meningkatkan pembakaran kalori hampir 19 persen hanya dalam waktu 16 minggu.Dilansir dari
eatthis , tim peneliti yang dipimpin oleh Hana Kahleova, MD, Ph.D., mengungkapkan bahwa pola makan nabati dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga kemudian mereka melakukan penelitian lebih lanjut terkait hal iniAda 3.000 orang dewasa dengan kelebihan berat badan yang dilibatkan dalam penelitian ini. Setengah dari mereka diminta untuk menjalani pola makan vegan rendah lemak, sementara setengah lainnya tidak melakukan perubahan pola makan.Setelah 16 minggu, didapati  bahwa mereka yang menjalani pola makan vegan rendah lemak, rata-rata kehilangan sekitar 6,5 kilogram dan metabolisme tubuhnya meningkat hingga 19%. Selain itu, kelompok ini juga mengalami kehilangan lemak yang signifikan, termasuk lemak perut yang berbahaya untuk kesehatan. Kadar kolesterol jahat (LDL) mereka juga turun drastis.Sedangan pada kelompok yang tidak melakukan perubahan pola makan, tidak terlihat ada perubahan tersebut, terlepas dari fakta bahwa kedua kelompok melaporkan asupan kalori yang lebih sedikit dan sedikit olahraga selama masa studi.Tim Dr. Kalhleova menyimpulkan bahwa pola makan nabati rendah lemak, menyebabkan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mempercepat metabolisme.“Pola makan nabati adalah pilihan yang terjangkau dan dapat diakses oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kesehatan mereka,” kata Dr. Kahleova.Jika Anda berencana untuk menerapkan pola makan vegan rendah lemak, perlu dicatat bahwa orang-orang yang menjalankan pola makan ini dalam penelitian Dr. Kahleova diberi tambahan vitamin B12, yang kemungkinan dibutuhkan oleh mereka yang menjalani pola makan nabati yang ketat.