Obesitas Dapat Mengakibatkan Nyeri Sendi, Ini Penjelasannya!

Obesitas Dapat Mengakibatkan Nyeri Sendi, Ini Penjelasannya!
Obesitas Dapat Mengakibatkan Nyeri Sendi, Ini Penjelasannya! (Foto : )
Kelebihan berat badan atau obesitas diyakini sebagai sebagai salah satu faktor yang dapat mengakibatkan nyeri sendi atau osteoarthritis.
Osteoarthritis (OA) adalah salah satu kondisi nyeri sendi yang paling umum, dan obesitas kini diyakini sebagai salah satu faktor pemicu osteoarthritis. Melansir dari
Cleveland Health Clinic , beberapa ahli membahasnya dan mengungkap tentang hal ini.“Sendi di bagian bawah tubuh Anda, terutama lutut dan pinggul, menanggung sebagian besar berat badan Anda,” kata Robert Bolash, MD, spesialis di Departemen Manajemen Nyeri Klinik Cleveland.Itulah mengapa, jika tubuh bertahun-tahun membawa beban berlebihan akan berkontribusi pada sendi yang sakit, bengkak, dan kaku. Dengan osteoarthritis, “bantalan” tulang rawan di dalam sendi akan merosot. Tulang kemudian bergesekan satu sama lain, menyebabkan iritasi, nyeri dan bengkak.Semakin berat sendi menahan beban, semakin banyak kerusakan pada tulang rawan. Faktanya, menurunkan berat badan sangat berpengaruh dalam mengelola efek osteoarthritis pada sendi tubuh bagian bawah.“Menurut sebuah penelitian, mempertahankan berat badan ideal sangat penting, dan jika kelebihan berat badan, menurunkan berat badan sebanyak 4,5 kilogram dapat menurunkan perkembangan osteoarthritis pada lutut hingga 50 persen,” kata ahli reumatologi Elaine Husni, MD, MPH, direktur Cleveland Klinik Pusat Perawatan Arthritis dan Musculoskeletal.Studi secara konsisten menunjukkan, orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko osteoarthritis yang lebih tinggi daripada orang yang tidak kelebihan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang mengalami obesitas, empat hingga lima kali lebih mungkin terkena arthritis di lutut.Jika Anda mengalami nyeri sendi yang disebabkan oleh berat badan, menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan pada sendi dapat meredakan gejala nyeri sendi. Meski tubuh Anda tidak dapat menumbuhkan kembali tulang rawan, menurunkan berat badan dapat membantu sendi rematik terasa lebih baik dan mencegah kerusakan lebih lanjut.Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan sehat dan olahraga. Dr Bolash merekomendasikan olahraga air untuk mereka yang mengalami nyeri sendi. Berenang, aerobik air, jalan kaki di kolam renang adalah pilihan yang baik.