Selesaikan Konflik Agraria, Pegawai BPN Minta Wamen Bela Marhaen

Wamen diminta Bantu Marhaen
Wamen diminta Bantu Marhaen (Foto : )

Manaek Tua Hutabarat, Aktivis 98 yang kini menjadi pegawai BPN meminta Wamen ATR/BPN Surya Tjandra bela kaum marhaen yang dirampas hak atas tanahnya. 

 

Presiden Jokowi menugaskan Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri ATR/BPN untuk dapat menyelesaikan konflik agraria yang banyak terjadi di negeri ini  dalam waktu satu tahun. Sebelumnya pada 3 Mei 2019 lalu, Jokowi lewat akun twitternya juga sudah memerintahkan kepada birokrasi terkait agar menyelesaikan konflik lahan antara negara dengan rakyat, penguasa dengan rakyat serta BUMN dengan rakyat sesegera mungkin.

 

Menurut Kepala Seksi Penataan Pertanahan Kantor Kabupaten Simalungun Utara  Manaek Tua Hutabarat, pengangkatan wakil menteri membuktikan selama ini pihak ATR/BPN tidak mampu menyelesaikan konflik agrari. "Kalau kami selama ini mampu menyelesaikan konflik agraria maka Anda tak akan dilantik menjadi Wamen Kementerian ATR/BPN," ungkapnya, Sabtu (26/10/2019).

 

Manaek menjelaskan, penyelesaian konflik agararia yang banyak terjadi di berbagai daerah dalam waktu satu tahun bukanlah waktu yang pendek. Manaek mengajak semua pegawai ATR/BPN untuk bersama-sama menjalankan perintah presiden Jokowi membantu Wakil Menteri menuntaskan penyelesaian konflik agraria.