Piala Asia U23 : Dominasi Timur Tengah Di Sepak Bola Asia

Final Piala Asia U23 Jepang
Final Piala Asia U23 Jepang (Foto : )

antvklik.com - Putaran final Piala Asia U23 yang akan digelar 8 hingga 26 Januari 2020 di Bangkok, Thailand didominasi oleh negara-negara Timur Tengah. Hebatnya negara-negara jazirah arab ini mengambil bagian 50% dari jatah tiket 16 besar.

Delapan tiket direbut oleh juara Piala Asia 2013 Irak, langganan Piala Dunia Iran dan Arab Saudi, Qatar, Bahrain, UEA, hingga Jordania dan Syiria. Negara-negara  Timur Tengah ini juga merebut 75% dari jatah empat tiket sebagai runner up terbaik dari 11 Grup babak Kualifikasi Piala Asia U23 yang digelar sejak 22 – 26 Maret 2019.

Tiga dari empat tiket runner up terbaik direbut Iran, Arab Saudi dan Syiria. Sementara lima negara lainnya lolos ke putaran final Piala Asia U23 setelah tampil sebagai juara grup. Qatar tampil sebagai juara grup A, Bahrain merajai grup B, Irak menunjukkan dominasinya sebagai raja grup C, Uni Emirat Arab sukses keluar sebagai juara grup D dan Jordania lolos sebagai juara grup E.

Wakil negara Asia Timur meraih empat tiket dari jatah 16 besar putaran final Piala Asia U23, atau 25% dari jumlah total peserta. Empat tiket tetap didominasi oleh negara langganan Piala Dunia yaitu Jepang, Korea Selatan, Korea Utara dan China. Bicara kualitas keempat negara Asia Timur, sudah tidak diragukan lagi. Mereka berhasil merebut tiket Putaran Final Piala Asia U23 dengan status Juara grup.

Empat tiket tersisa dibagi rata oleh negara dari kawasan Asia Utara, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Satu tiket diraih wakil Asia Utara yaitu Uzbekhistan. Negara bekas pecahan Uni Soviet ini tampil sebagai juara grup F. Uzbekhistan merupakan juara bertahan yang akan mempertahankan mahkota juara di Bangkok Thailand Januari 2020.

Australia sebagai wakil Asia Selatan meraih tiket putaran final Piala Asia dengan status runner up terbaik. Australia hanya kalah selisih gol dari juara grup H Korea Selatan. Australia juga tidak terkalahkan dari tiga kali main sekali seri dan dua kali memetik kemenangan. Dua tiket tersisa putaran final Piala Asia U23 diraih wakil negara dari Asia Tenggara. Vietnam sukses merebut juara grup K dengan nilai sempurna sembilan dari hasil tiga kali menang. Vietnam sebagai tuan rumah babak Kualifikasi Piala Asia U23 menunjukkan kelasnya sebagai tim yang pantas menyandang runner up Piala Asia U23 2019. 

Sementara satu tiket dari Asia Tenggara lainnya diraih Thailand sebagai tuan rumah Piala Asia U23. Jika Thailand tidak berstatus sebagai tuan rumah, tim gajah putih akan tersingkir dari putaran final Piala Asia. Pasalnya Thailand yang dilaga terakhir kalah 0-4 dari Vietnam, hanya menduduki peringkat kedua dengan nilai 6 dari dua kali menang lawan Indonesia dan Brunei Darussalam.