Sejarah! Duo Satria Bergitar Buntung Rhoma Irama dan Dewa Budjana Rilis Lagu Baru 'Smararindu'

Duo Satria Bergitar Buntung Rhoma Irama dan Dewa Budjana Rilis Lagu
Duo Satria Bergitar Buntung Rhoma Irama dan Dewa Budjana Rilis Lagu (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Siapa yang tak kenal dengan Raja Dangdut, Rhoma Irama, dan gitaris keren dari Gigi, Dewa Budjana? Keduanya adalah sosok legendaris di dunia musik Indonesia.

Tapi tahukah Anda, Sejarah baru saja tercipta ketika dua jagoan ini memutuskan untuk berkolaborasi dan merilis lagu baru berjudul 'Smararindu'?

Rhoma Irama, yang juga dikenal sebagai satria bergitar, merasa antusias dan terhormat ketika dia mendapatkan tawaran dari Dewa Budjana.

Rhoma Irama tidak ragu-ragu untuk mengekspresikan kegembiraannya, terutama setelah mengetahui bahwa proyek ini akan menggabungkan dua genre musik yang berbeda.

Apalagi, kata Rhoma Irama, saat ia mengetahui musik yang bakal dimainkannya dengan gitaris yang merengkuh penghargaan Album Jazz Terbaik AMI Awards (2020) bersama Janapati.

"Saya merasa ini adalah kesempatan yang hebat bisa membawakan karya Dewa Budjana. Senang sekali bisa berkolaborasi gitar bersama beliau. Ini benar-benar karya yang menarik dan luar biasa," Rhoma Irama menegaskan.

Bagi Dewa Budjana, berkolaborasi dengan Rhoma Irama adalah impian sejak lama. Dan akhirnya, impian itu menjadi kenyataan!

Dewa Budjana, gitaris asal Bali itu, mengungkapkan betapa uniknya Rhoma Irama sebagai musisi living legend.

Bagaimana pun usianya, Rhoma Irama tetap eksis tampil di berbagai acara musik dan terus menciptakan lagu-lagu indah.

Gitaris asal Bali ini begitu antusias bisa merealisasikan salah satu mimpinya bermusik dengan Raja Dangdut.

"Ini impian sejak lama. Kapan bisa rekaman bareng Bang Haji?," kata Dewa Budjana saat ditemui bersama Rhoma Irama di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, (26/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Dewa Budjana mengungkap salah satu alasannya ingin berkolaborasi dengan Rhoma Irama.

"Sosok musisi living legend terunik di dunia," dia menuturkan.

Dewa Budjana membahas soal konsistensi Rhoma Irama dalam bermusik. Hingga usianya menua, kata Dewa Budjana, Rhoma Irama masih eksis tampil di berbagai acara musik dan membuat lagu.

"Cara mainnya, tampilannya, konsistensi dan dan eksistensinya udah nggak ada duanya. Satu-satunya musisi di dunia yang punya film sendiri dan ada albumnya pula. Dan selalu jadi jagoan. Unik sekali," beber Dewa Budjana.

Lagu "Smararindu" sendiri memiliki makna yang dalam. Meskipun tidak berbicara tentang cinta secara langsung, lagu ini mengandung pesan persatuan, kedamaian, dan kenyamanan dalam berbagai hal.

Dewa Budjana menjelaskan bahwa lagu ini adalah kerinduan akan persatuan generasi melalui musik.

Berbeda latar belakang, berbeda genre, dan berbeda suku, namun mereka dipersatukan oleh satu alat musik yang magis: gitar.

"Sejujurnya ini nggak ada hubungannya dengan cinta tapi bisa dikaitkan. Karena Smararindu buat saya adalah kerinduan akan persatuan, kedamaian dan kenyamanan dalam berbagai hal. Namun disini kita berbicara bahwa musik bisa menyatukan kami dari generasi yang berbeda, genre, latar belakang serta suku. Yang terpenting, kami dipersatukan oleh gitar,” tandas Dewa Budjana.