Kisah Pilu Perjuangan Amitabh Bachchan Mengayuh Sepeda ke Delhi Demi Mencari Perguruan Tinggi

Amitabh Bachchan
Amitabh Bachchan (Foto : Siasat)

AntvAmitabh Bachchan, bintang Bollywood terkenal, berhasil meraih gelar sarjana sains dari Kirori Mal College di Delhi University. Pada tahun 1962, ia berhasil lulus dengan gelar BSc atau Bachelor of Science. Meskipun demikian, studi sains bukanlah pilihannya yang sesungguhnya, melainkan suatu keharusan bagi sang superstar.

Dalam episode terbaru Kaun Banega Crorepati 15, Bachchan senior mengungkapkan bahwa ia memilih jurusan BSc karena tidak diterima di perguruan tinggi manapun. Bahkan, ia rela pindah ke Chandigarh dengan mengayuh sepedanya untuk menyelesaikan studi, tetapi upayanya tidak membuahkan hasil.

Ketika berbicara dengan kontestan KBC 15, Shaikh Ajmat, Big B berbagi pengalaman, "Saya tidak diterima di mana pun dan mencari perguruan tinggi di Delhi. Seseorang memberitahu saya bahwa saya bisa diterima di Chandigarh. Jadi, saya pergi ke Chandigarh dengan sepeda. Setelah pencarian yang panjang, akhirnya saya diterima di Delhi. Saya mengambil BSc, dan kuliah pertama sudah cukup bagi saya untuk menyadari bahwa ini bukan bidang keahlian saya."

Bachchan menambahkan bahwa ia "mencuri-curi" buku panduan untuk memastikan kelulusannya dan berhasil menyelesaikan ujian. "Setelah mencuri buku panduan, saya bertahan selama tiga tahun dan lulus dengan gelar BSc," katanya. Sebelumnya, ia juga mengungkapkan bahwa ia pernah gagal dalam ujian Fisika.

Ia menyatakan bahwa belajar BSc membuatnya merasa "takut" dan menambahkan, "Itu tidak mudah. Saya memilih bidang yang salah. Entah bagaimana, saya bertahan selama tiga tahun. Saya biasa mengumpulkan semua jawaban dalam dua bulan. Pada awalnya, saya bahkan gagal dalam ujian Fisika. Kemudian, saya mencoba lagi dan berhasil."

Sebelum memasuki dunia akting, Amitabh Bachchan pernah bekerja di sebuah perusahaan pertambangan dekat Kolkata. Pada tahun 1969, ia pindah ke Mumbai dan memulai karirnya di industri film. Lebih dari lima dekade berlalu, dan ia tetap sukses menghibur penonton.

Aktor ini akan muncul dalam film "Kalki 2898 AD" yang disutradarai oleh Nag Ashwin dan juga dibintangi oleh Prabhas serta Deepika Padukone dalam peran utama. Film ini dijadwalkan rilis di bioskop pada tahun 2024.