Picu Kontroversi dan Hina Mahatma Gandhi, Film 'I Killed Bapu' Diminta untuk Berhenti Ditayangkan

Diduga Picu Kontroversi dan Hina Mahatma Gandhi, Film  'I Killed Bapu' Diminta untuk Berhenti Ditayangkan
Diduga Picu Kontroversi dan Hina Mahatma Gandhi, Film 'I Killed Bapu' Diminta untuk Berhenti Ditayangkan (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Diduga memicu kontroversi dan menghina Mahatma Gandhi, Pengadilan Tinggi Bombay (Bombay HC), telah menunjuk tiga orang untuk meninjau film "I Killed Bapu", Rabu (11/10//2023).

Film yang berkisah pada peristiwa pembunuhan perdana meteri pertama India itu ditayangkan pada sebuah platform OTT, kini ikut diselidiki.
 
Hakim Sunil Shukre dan Firdosh Pooniwalla membentuk komite tersebut yang terdiri dari mantan hakim HC, Abhay Thipsay dan Amjad Sayed dan aktor Amol Palekar.

Arahan tersebut disampaikan oleh seorang pengusaha Mohamed Ansari bahwa film karya Sarla Saraogi ini diproduksi hanya untuk menciptakan ketidakharmonisan antara dua agama.

Selain itu, film 'I Killed Bapu' juga dinilai menghina terhadap Bapak Bangsa, Mahatma Gandhi, dengan menyatakan bahwa ia bertanggung jawab atas pemisahan India.

Pengusaha tersebut mendesak arahan kepada Dewan Pusat Sertifikasi Film (CBFC) untuk segera mencabut/menarik sertifikat yang dikeluarkan untuk Saraogi.

Selain itu HC juga diminta mengeluarkan perintah kepada Saraogi dan platform OTT untuk tidak menayangkan film tersebut.

HC telah memerintahkan sebuah panel untuk meninjau film tersebut dan mengeluarkan laporan dalam dua minggu.

Laporan tersebut akan menentukan apakah ada kesalahan dalam fakta-fakta dalam film. Dan apakah ada adegan atau dialog yang bisa memicu kekerasan atau merusak perdamaian dan harmoni dalam masyarakat.

Film yang dibintangi Sameer Deshpande, Umashankar Goyenka, dan Mukesh Kapani ini, dirilis pada tanggal 29 September 2023.

Film yang disutradarai oleh Hyder Kazmi dan skenarionya ditulis oleh Aadesh K. Arjun ini, bercerita tentang peristiwa pembunuhan Mahatma Gandhi.

Film 'I Killed Bapu' berkisah tentang kasus pembunuhan Mahatma Gandhi telah membuat Nathuram Godse menjadi salah satu pembunuh yang paling dibenci dalam sejarah India.

Film 'I Killed Bapu' adalah drama biografi yang mengeksplorasi perspektif sosok Nathuram Godse setelah penangkapannya atas pembunuhan Mahatma Gandhi.

Film ini menyelidiki kejiwaan Godse dan meneliti motifnya dalam membunuh bapak bangsa.