Melihat dari Dekat Kemegahan Rumah Mewah Milik Shah Rukh Khan di Mannat Mumbai

Melihat dari Dekat Kemegahan Rumah Mewah Milik Shah Rukh Khan di Mannat Mumbai
Melihat dari Dekat Kemegahan Rumah Mewah Milik Shah Rukh Khan di Mannat Mumbai (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Dengan hampir 100 film Bollywood yang dibintanginya dan lebih dari 30 tahun pengalamannya di depan kamera, superstar Bollywood Shah Rukh Khan adalah nama yang sudah dikenal di seluruh dunia.

Namun, tidak selalu seperti itu. Seorang anak laki-laki dari Delhi yang sederhana dengan mimpi besar di tahun 80-an, ia pindah ke Mumbai dengan sebuah rencana untuk mencapai puncak, dan hari ini, ia dianggap sebagai salah satu bintang paling sukses di industri film India.

Perjalanannya telah memberinya tidak hanya beberapa penghargaan, tetapi juga salah satu harta yang paling berharga, Mannat, sebuah rumah yang pertama kali menarik perhatiannya saat syuting filmnya di tahun 1997, Yes Boss.

Terletak di kawasan Bandstand, Mumbai, rumah Shah Rukh, istri Gauri Khan, dan anak-anaknya, Aryan, AbRam dan Suhana Khan selalu menjadi topik yang menarik bagi para penggemar.
 
Mannat, sebuah bungalow setinggi enam lantai dengan beberapa kamar tidur dan ruang tamu, sebuah gimnasium, perpustakaan, dan auditorium pribadi, merupakan salah satu hunian termahal di Mumbai.

Pada hari tertentu, Anda akan menemukan gerombolan penggemar Khan berbaris di depan gerbangnya yang berkilauan dengan harapan bisa mendapatkan swafoto yang sempurna, atau melihat sekilas bintang Bollywood ini, yang sering datang ke terasnya untuk menyapa para simpatisan.

Seperti film-film Khan, kisah rumahnya sangat sinematik. Sebuah vila warisan dari era 1920-an, yang termasuk dalam kategori Grade III, Mannat awalnya dikenal sebagai Villa Vienna.

Selama bertahun-tahun, Khan mengincar properti ini, dan akhirnya pada tahun 2001, bintang Bollywood ini berhasil membelinya dan menjadikannya sebagai rumahnya.

Salah satu landmark paling populer di kota ini saat ini, Mannat dirancang oleh pemilik rumah, Gauri Khan, bersama dengan arsitek-desainer Kaif Faquih, dan membutuhkan waktu hampir satu dekade untuk menyelesaikannya.

"Mannat terbentang di setiap tingkat, dengan konsep yang unik dan berbeda di setiap lantainya. Setiap sudut rumah telah dikurasi dengan cermat, dan hasil akhirnya memadukan pesona masa lalu dengan kenyamanan modern dengan sempurna," ujar Gauri Khan.

Eksterior rumah ini, setiap penggemar Shah Rukh Khan pasti akan langsung mengenalinya berkat pilar-pilar putih klasik dan gerbang hitamnya yang besar.

Namun begitu Anda melangkah masuk ke dalam, tiga warna yang menjadi warna utama rumah ini adalah krem, coklat dan putih.

Anda juga akan menemukan lantai kayu gelap, karpet mewah dan potongan-potongan kulit mewah di beberapa sudut rumah.

Gauri Khan, yang berbagi pandangan langka tentang rumah keluarganya dengan Vogue India mengungkapkan, "Saya tidak menyukai ruang minimalis, saya menyukai hal-hal yang hangat, eklektik, personal dan dapat dikoleksi. Rumah saya telah dibangun secara bertahap selama bertahun-tahun dengan mengumpulkan barang-barang yang saya sukai. Sangat penting untuk membuat sesuatu menjadi milik Anda sendiri."

Khan juga menjelaskan bahwa setiap anggota rumah telah berkontribusi dalam menciptakan rumah keluarga mereka. Sebagai contoh, putri pasangan ini, Suhana Khan, telah menambahkan elemen balet, sebuah bentuk tarian yang sangat ia sukai, ke dalam ruangannya.

Sementara itu, pilihan favorit Gauri Khan termasuk patung Ganpati dari batu giok, dan patung Radha-Krishna dari marmer seukuran aslinya.

"Tempat terindah" Gauri Khan di dalam Mannat adalah terasnya, yang telah dirancang secara khusus untuk melindungi privasi keluarga dan pada saat yang sama, memungkinkan Shah Rukh Khan untuk menyapa para penggemarnya di hari-hari istimewa.

Di masa lalu, Khan telah menyempatkan diri untuk keluar rumah selama beberapa menit pada acara-acara seperti Idul Fitri dan hari ulang tahunnya.

Sesekali, aktor ini juga mengajak anak bungsunya, AbRam Khan, untuk ikut serta, menjadikannya sebuah perayaan ganda.

Ketika keluarga Khan membuka pintu mereka untuk pesta, mereka juga senang untuk memberikan ruang ini perubahan yang meriah.

Apakah Anda ingat bagaimana mereka menerangi teras mereka dengan ratusan lampu-lampu peri untuk Diwali pada tahun 2018?

Warna-warna berani dan potongan-potongan yang mencolok adalah fitur umum di rumah Khan, dan ini sangat terlihat jelas di ruang tamu mereka. Membawa kesan rustic ke dalam ruangan ini adalah dinding batu bata yang memajang koleksi seni modern mereka, dan brankas antik yang telah diubah menjadi sebuah bar yang menjadi pembuka percakapan yang menarik.

Jendela kaca dari lantai ke langit-langit membawa cahaya alami ke dalam ruangan, mengimbangi drama sofa berwarna plum, coklat dan hitam yang duduk di sekitar meja kopi kaca bening.

Gauri Khan, yang merupakan penggemar kreasi maksimalis, memilih sepasang vas hitam setinggi empat kaki dari Paris, dan sebuah kanvas badut berbaring karya Subhash Awchat untuk melengkapi ruangan. Namun, pahlawan ruangan ini adalah patung Ravinder Reddy berlapis emas yang menarik perhatian semua orang.

Menaiki tangga, satu ruangan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kamar tidur Shah Rukh Khan dan Gauri Khan. Di balik pintu kayu yang dalam, terdapat sebuah ruangan besar dengan lantai marmer putih bersih, sofa beludru coklat, dan tempat tidur ukuran besar dengan kombinasi motif hewan dan bantal emas.

Memainkan warna krem dan cokelat, kamar pasangan ini sangat cocok dengan palet warna rumah mereka. Kepala tempat tidur reflektif semakin membuka ruang, yang juga dilengkapi dengan jendela besar yang membawa cahaya alami.

"Saya menyukai warna netral dan bahan klasik seperti kulit, yang terlihat lebih baik seiring bertambahnya usia," kata Gauri Khan dalam sebuah wawancara.

Dan tetap setia pada gayanya, bilik lemarinya dilengkapi dengan lantai marmer putih yang menenangkan, seperti kamar tidurnya, bersama dengan singgasana kulit yang megah.
Sementara rak sepatu berdetail emas dari lantai ke langit-langit berjajar di salah satu dinding lemari, meja rias bergaya Art Deco mencerminkan ujung berlawanan dari ruang lemari pakaian Khan, yang menampung deretan gantungan penuh, melengkapi ruangan.

Mengambil rute yang berbeda dari bagian rumah lainnya, kamar AbRam Khan memiliki lantai kayu dengan warna cokelat yang lebih terang, bersama dengan interior berwarna putih dan biru cerah. Bagian lain dari rumah ini juga telah diubah menjadi area bermain untuknya, dan menampilkan estetika yang sama sekali berbeda dari ruang lainnya.

Di kamarnya, Anda akan menemukan kursi berlengan berwarna krem, dan di tengah-tengah semua mobil-mobilan dan kepingan Lego, ada bantal favorit yang tidak pernah lepas dari sisinya.

Jika Anda bertemu Khan di rumahnya, mungkin Anda akan menemukannya di ruang kerja sang bintang. Aktor My Name Is Khan ini diketahui menghabiskan banyak waktu di ruangan ini, dan juga sering mengadakan pertemuan di sini.

Bukan ruang kerja biasa, area Mannat ini mengikuti estetika dramatis dengan fasad berpilar neoklasik dan perabotan kulit yang mewah. Anda juga akan melihat semua penghargaan yang telah diterima Khan selama bertahun-tahun tersebar di seluruh ruangan, dan menemukan tempat di dalam rak-rak buku yang terisi penuh.

Berada di bisnis film selama hampir tiga dekade, tidak mengherankan jika Shah Rukh Khan memiliki tempat khusus di rumahnya yang didedikasikan untuk film.

Saat Anda memasuki home theater, dinding merah terang yang dipasangi poster-poster klasik Bollywood seperti Sholay, Mughal-E-Azam dan Ram Aur Shyam akan membawa Anda kembali ke masa lalu.

Tongkat berbingkai Charlie Chaplin adalah elemen penting lainnya yang menambahkan sentuhan khusus pada ruangan. 42 kursi malas dari kulit merah anggur, dinding beludru mahoni, dan koleksi film yang luas (yang, tentu saja, mencakup semua film Shah Rukh Khan hingga saat ini) melengkapi ruang teater pribadi ini.

Berikut Visualisasi Selengkapnya: