Shah Rukh Khan Ukir Sejarah Jadi Aktor India Pertama yang 2 Filmnya Tembus Rp2 Triliun Setahun!

Shah Rukh Khan Ukir Sejarah Jadi Aktor India Pertama yang 2 Filmnya Tembus Rp2 Triliun Setahun
Shah Rukh Khan Ukir Sejarah Jadi Aktor India Pertama yang 2 Filmnya Tembus Rp2 Triliun Setahun (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Koleksi box office film Jawan yang dibintang superstar Bollywood Shah Rukh Khan, pada hari ke-26, sukses mengukir sejarah, dengan meraih hasil yang baik di box office domestik sejak perilisannya hampir sebulan yang lalu.

Menurut Sacnilk.com, Jawan telah menghasilkan hampir ₹612 crore (setara Rp1,26 triliun) sejauh ini di India. (₹ adalah simbol Rupee, satuan mata uang India - red)

Disutradarai oleh Atlee, film Jawan dirilis di bioskop-bioskop pada tanggal 7 September 2023, dalam bahasa Hindi, Tamil dan Telugu.

Jawan telah meraup ₹6.80 crore nett (setara Rp14 miliar), di India pada hari ke-26 penayangannya untuk semua bahasa, sesuai dengan perkiraan awal.

Diperkirakan angka tersebut akan terus naik melampaui 1000 crore di box office dan menjadi film kedua Shah Rukh Khan yang melampaui tonggak sejarah tersebut.

Dia menjadi aktor India pertama yang menghasilkan dua film masing-masing senilai Rs 1000 crore atau setara dengan Rp 2,06 triliun di tahun yang sama. Yakni Jawan dan Pathaan.

Sebelumnya, aktor Bollywood berusia 57 tahun ini berhasil memperoleh Rs 1000 crore pertama pada Januari 2023 lewat film Pathaan.

Saat itu film ini memecahkan rekor hari pembukaan untuk film berbahasa India, dengan pendapatan kotor secara internasional sebesar 12,7 juta dolar AS.

Sementara sutradara S.S. Rajamouli merupakan orang pertama yang memecahkan rekor tersebut dengan merilis dua filmnya, yaitu Baahubali 2: The Conclusion (2017) dan RRR (2022).
 
Film Jawan dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Nayanthara dan Vijay Sethupathi. Sanjay Dutt dan Deepika Padukone tampil sebagai cameo di film Jawan.

Priyamani, Sanya Malhotra, Ridhi Dogra, Lehar Khan, Girija Oak dan Sanjeeta Bhattacharya juga merupakan bagian dari film ini.

Film Jawan menguraikan "perjalanan emosional dari seorang pria yang bertekad untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam masyarakat".

Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan dalam peran ganda sebagai Vikram Rathore dan putranya, Azad.