Sridevi, Dari Superstar Wanita Pertama Bollywood hingga Kematiannya yang Misterius

Sridevi, Dari Superstar Wanita Pertama Bollywood hingga Kematiannya
Sridevi, Dari Superstar Wanita Pertama Bollywood hingga Kematiannya (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Pada hari ulang tahun Sridevi, keluarga dan para penggemarnya tidak bisa tidak menyadari ketidakhadirannya. Sang suami, produser Boney Kapoor dan anak perempuannya, Janhvi Kapoor dan Khushi Kapoor mengenangnya dengan foto-foto kenangan.

Sridevi berusia 60 tahun pada hari Minggu (13/8/2023). Kisah perjalanan sang aktor selama lima dekade untuk menjadi 'superstar wanita pertama' di India, dan kematiannya yang terlalu cepat, terus menarik publik.

Sridevi meninggal dunia di Dubai pada usia 54 tahun pada tanggal 24 Februari 2018.

Terlahir dengan nama Shree Amma Yanger Ayappar di Tamil Nadu pada tanggal 13 Agustus 1963, Sridevi mulai bekerja sebagai seorang aktor cilik pada usia empat tahun.

Selama lima dekade berikutnya, dan setelah hampir 300 film, Sridevi memenangkan hati jutaan orang di seluruh dunia dan menjadi salah satu aktor multi-bahasa yang langka, yang telah mencapai ketenaran di industri film Hindi, Tamil, Telugu dan Malayalam.

Selama masa puncaknya, ia dijuluki sebagai 'Amitabh Bachchan wanita' oleh harian-harian pada saat itu, yang mengukuhkan statusnya sebagai superstar wanita pertama di Bollywood.

Kabarnya, ia ditawari sebuah peran di film Jurassic Park oleh Steven Spielberg, tetapi ia menolaknya dengan alasan bahwa peran tersebut tidak sesuai dengan ketenarannya saat itu.

Ketika sang ibu, Akshaye Khanna, bertanya kepadanya mengapa ia melakukan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan Bollywood Hungama, ia menjawab, "Pada saat itu, melakukan film Hollywood adalah sesuatu yang asing, sekarang ini adalah sebuah kebanggaan."

Ia memulai perjalanan filmnya sebagai seorang artis cilik dalam film Kandan Karunai dan mengakhiri filmografinya dengan Mom pada tahun 2017.

Sridevi dikenal dengan film-film klasiknya seperti Chaal Baaz (1989) dan Sadma (1983) dan juga film comeback-nya, English Vinglish (2012).

img_title
Sridevi, Dari Superstar Wanita Pertama Bollywood hingga Kematiannya. (Foto: Kolase Istimewa)