Sejarah Berdirinya Kekaisaran Maurya di Balik Serial Chandra Nandini ANTV

Sejarah Berdirinya Kekaisaran Maurya di Balik Serial Chandra Nandini ANTV (Foto Instagram)
Sejarah Berdirinya Kekaisaran Maurya di Balik Serial Chandra Nandini ANTV (Foto Instagram) (Foto : )
Serial India Chandra Nandini kembali tayang di saluran televisi kesayangan Anda, ANTV, yang akan hadir tiap hari pukul 09.30 WIB.
Serial India Chandra Nandini kisahnya diangkat dari sejarah perjalanan bangsa India, tepatnya dimulai dari berdirinya Kekaisaran Maurya.https://www.instagram.com/p/CF3LaKrBCe6/Kekaisaran Maurya diperintah oleh Dinasti Maurya yang didirikan oleh Candragupta di Pataliputra (sekarang disebut Patna) di Magadha, India timur laut. Pada 322 SM.Chandragupta naik tahta hasil dari kudeta yang dipimpinnya dari dinasti Nanda.[caption id="attachment_382602" align="aligncenter" width="900"]
Istana Kekaisaran Maurya Istana Kekaisaran Maurya[/caption]Pada masa pemerintahan Chandragupta merupakan persinggungan antara India dengan bangsa asing, tepatnya kekaisaran Macedonia yang dipimpin oleh Alexander Agung.Peristiwa ini berlangsung 2 tahun sebelum Chandragupta naik tahta.Kedatangan Macedonia selain dengan maksud politis, juga dengan maksud menyebarkan kebudayaan barat ke timur.Pasca ekspansi bangsa barat adalah kemunculan budaya hellenisme, yakni perpaduan antara budaya timur dengan budaya barat (helenis: Yunani, yangg sedang berkembang saat itu).Chandragupta naik tahta beberapa saat pasca kematian Alexander Agung. Ia berhasil menguasai daerah yang sebelumnya dikuasai oleh Macedonia.Bahkan Chandragupta berhasil menjalin hubungan dengan musuh Alexander Agung, Seloucos Nicator (penguasa Yunani di Asia Barat) yang kemudian banyak membantu Chandragupta dalam menuliskan sejarah India.Menurut kitab Wisnu Purana, jumlah raja-raja Dinasti Maurya ada sepuluh dan memerintah selama 137 tahun:1. Candragupta2. Bindusara3. Asoka-wardhana4. Suyasas5. Dasaratha6. Sanggata7. Salisuka8. Somasarman9. Sasadharman10. BrihadrathaKerajaan Maurya berada di wilayah lembah Sungai Indus, dan menjadi warna baru dalam perkembangan peradaban di wilayah itu.Kerajaan itu muncul setelah berabad-abad wilayah Sungai Indus hanya dikuasai oleh bangsa Mohenjodaro dan Harappa.