Simak Komitmen Hebat Gibran Mendengar Aspirasi UMKM Batik Trusmi

Simak Komitmen Hebat Gibran Mendengar Aspirasi UMKM Batik Trusmi
Simak Komitmen Hebat Gibran Mendengar Aspirasi UMKM Batik Trusmi (Foto : Istimewa)

Antv – Pada Sabtu, 6 Januari 2024, calon wakil presiden kedua Gibran Rakabuming Raka mengadakan Gibran Mendengar saat mengunjungi BT Batik Trusmi di Kabupaten Cirebon.

Masyarakat menyambut hangat calon wakil presiden kedua tersebut dan memuji pilihan rompi batik bermotif Mega Mendung yang mewakili Cirebon.

Saat Gibran datang sekitar pukul 11.30, ia mengenakan rompi bermotif lokal, menunjukkan kepedulian dan rasa hormatnya terhadap warisan batik Cirebon.
Kali ini Gibran Rakabuming juga berbincang dengan para perajin Batik Trusmi dan peserta UMKM sebagai agenda Gibran Mendengar.

Dalam rangka mengetahui tujuan UMKM di Cirebon, maka diadakanlah Gibran Mendengar. Para peserta berbagi pemikiran dan tujuan mereka mengenai topik-topik penting termasuk pemasaran dan perizinan.

Salah satu pelaku UMKM, Gani Maulana mempertanyakan komitmen Gibran terhadap UMKM jika terpilih, sedangkan Intan berharap pemasaran dan perizinan bisa mendapat perhatian lebih besar.

“Bantu kami untuk perizinan,” kata Ganim, Sabtu (6/1/2024).

"Jangan lupakan kami, bantu kami dari segi pemasaran dan perizinan," sambungnya.

Mendengar hal tersebut, Gani yang hadir dalam Gibran Mendengar pun proaktif menanyakan kesulitan yang dialaminya, termasuk kendala peralatan karena perusahaannya masih beroperasi di luar rumahnya.

Gani mengatakan, untuk mendongkrak produksi, ia membutuhkan alat seperti oven.

Menanggapi hal tersebut, Gibran mengapresiasi kualitas produk UMKM dan berjanji akan mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Gibran mengatakan untuk mengurangi penggunaan pungutan liar dan mengefektifkan prosedur, pemerintah melakukan inovasi dengan menawarkan pengurusan izin secara online.

Guna menumbuhkan efisiensi dan kepercayaan, Gibran menekankan pentingnya digitalisasi proses perizinan.

“Ke depan memang yang namanya perizinan harus serba online. OSS sangat mengurangi pungutan liar. Jadi ada digitalisasi. Kalau orang ketemu orang nanti ada pungutan liar,” ujar Gibran.

Gibran Rakabuming juga menyampaikan apresiasinya terhadap batik Trusmi yang dinilai sebagai representasi daya cipta dan keberagaman. Ia juga menekankan perlunya mendukung pelestarian warisan budaya dan pertumbuhan sektor kreatif daerah.

Agenda Gibran Mendengar menunjukkan dedikasinya dalam menegakkan dan mengembangkan UMKM serta menjaga budaya.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya terhadap potensi yang ada di daerah, Gibran Rakabuming menutup turnya dengan meninjau berbagai produk UMKM seperti Batik Trusmi.