Mahfud MD Hadiri Istighasah Kebangsaan di Madura

Mahfud MD Hadiri Istighasah Kebangsaan di Madura
Mahfud MD Hadiri Istighasah Kebangsaan di Madura (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD diketahui menghadiri kegiatan Istighasah Kebangsaan di Gelanggang Olahraga (GOR) Ahmad Yani, Sumenep, Madura Jawa Timur (Jatim), pada Sabtu (18/11/2023).

Kehadirannya Mahfud di lokasi langsung disambut dengan gema sholawat yang dikumandangkan oleh ribuan peserta istigasah.

Tak lama berselang setelah kedatangan Mahfud MD, kegiatan Istighasah Kebangsaan dibuka dengan pembacaan surat Al Fatihah dan sholawat.

Setelah itu, para masyarakat yang hadir juga menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Mahfud bersama para kiai dan ribuan warga yang hadir melakukan sholawatan bersama untuk bangsa Indonesia.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan ke acara inti, yaitu istigasah. Saat kegiatan istigasah dilakukan, para warga dan alim ulama bersama-sama menundukkan kepala dan memanjatkan doa dengan khusyuk untuk kemaslahatan bangsa Indonesia.
 
Dalam kesempatan tersebut, Mahfud juga sempat mengajak ribuan warga yang hadir untuk melantunkan selawat thibbil qulub dan juga menyanyikan lagu daerah Madura, yang berjudul “Tandhuk Majan” dan “Pajjan Layghu”.

Cawapres dari Ganjar Pranowo ini juga mengatakan, keikutsertaan dirinya dalam acara Istighasah Kebangsaan di Sumenep tersebut juga merupakan penegasan dirinya sebagai putra asli Madura.

"Terbukti kan saya orang Madura kan? Orang Madura juga suka sholawatan. Ayo kita sholawat (nabi)," ujar Mahfud dalam siaran pers yang diterima, pada Minggu (19/11/2023).

Selain mengajak para warga untuk melantunkan sholawat, Mahfud juga menyoroti berbagai persoalan yang kini tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. Maka dari itu, melalui kegiatan doa dan selawat yang digelar bersama itu, Mahfud berharap dapat mengetuk pintu langit dan keselamatan bangsa bisa terwujud melalui doa ribuan warga.

"Malam ini, kita istigasah sama-sama untuk keselamatan bangsa. Kenapa kita harus berbicara untuk keselamatan bangsa? Sebab, bangsa kita saat ini sedang menghadapi banyak sekali permasalahan. Mungkin saja kita bisa melakukan sesuatu agar bangsa kita bisa selamat," ungkap Mahfud MD.
 
Sebagai informasi tambahan, Istighasah Kebangsaan tersebut dihadiri oleh ribuan masyarakat Madura yang berasal dari berbagai kelompok. Seperti, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kabupaten Sumenep, Ikatan Keluarga Madura (IKAMA), Sahabat Mahfud, Madura Asli (Madas), Santri Milenial Indonesia, dan ada juga Achmad Fauzi Mania.

Dalam acara Istighasah Kebangsaan ini, ada juga Garda Relawan Indonesia Semesta (GARIS), Barisan Relawan Ganjar Presiden (BARA GP), Relawan Ganjar, dan juga Ganjar-Mahfud Madura (GAMARA).

Acara tersebut juga dihadiri oleh berbagai tokoh, seperti Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jatim Said Abdullah dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo (Cak Fauzi) beserta jajaran.

Kehadiran Mahfud MD dalam Istighasah Kebangsaan ini juga menjadi bentuk penyejuk dalam keberlangsungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.