Koplo Farel ‘Ojo Bandingke’ Goyang Istana, Koplo Superstar ANTV Goyang Indonesia

Koplo Farel ‘Ojo Bandingke’ Goyang Istana, Koplo Superstar ANTV Goyang Indonesia (Foto Tangkap Layar)
Koplo Farel ‘Ojo Bandingke’ Goyang Istana, Koplo Superstar ANTV Goyang Indonesia (Foto Tangkap Layar) (Foto : )

Lagu yang dibawakan bocah kelas 6 SD itu bergenre campur sari. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah bersalaman dengan para pejabat, kembali duduk setelah mendengarkan suara Farel yang enak didengar. Farel menyanyikan lagu Koplo berjudul "Ojo Dibandingke".

Mendengar lirik percintaan yang dibawakan Farel, Jokowi pun tertawa. Bahkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tak kuasa menahan irama musik dan ikut bergoyang di atas podium.

Tamu undangan yang tadinya duduk di kursi masing-masing bahkan berdiri untuk bergoyang. Usai lagu "Ojo Dibandingke" dinyanyikan Farel, para tamu undangan meminta dinyanyikan ulang. Jokowi kemudian meminta agar menyanyikan lagu "Joko Tingkir". Namun, setelah beberapa saat, artis Indra Bekti memohon izin lagu yang dinyanyikan kembali yakni "Ojo Dibandingke".

Di sesi kedua ini, suasana semakin heboh. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan sejumlah tamu undangan meninggalkan kursi mereka, mendekat ke Farel dan bergoyang. Farel yang semula berdiri sendiri ketika bernyanyi, dikelilingi banyak orang yang ikut bergoyang. Farel pun sukses menghibur dan "menggoyang" Istana Merdeka di hari spesial RI ini.

Dari peristiwa itu, bukan saja membuat perayaan HUT RI ke-77 sukses dan akan sulit dilupakan, nama Farel pun ikut jadi trending. Dan, irama dangdut koplo pun kian me-nasional, bahkan masuk menabuh kendang telinga penduduk Asia. Sebab, selain Ojo Dibandingke Farel, lagu Meraih Bintang milik Via Vallen juga pernah viral dan banyak dicover publik negara peserta Asian Games 2018 pada waktu itu.

Lintasan Dangdut Koplo

Mengutip tulisan Wapemred ANTV, Yusuf Ibrahim, Koplo adalah dangdut. Dangdut yang ber-improvisasi. Dangdut yang berontak dari kejenuhannya. Dari kemapanan tabuhan kendang, tiupan suling dan kocokan rhythm gitarnya sejak tahun 1970an.