Sosok Kim Do-hoon Eks Asisten STY Dirumorkan ke Persib Bandung

Kim Do-Hoon
Kim Do-Hoon (Foto : )

Berbagai nama mencuat untuk mengisi kekosongan kursi pelatih Persib Bandung, mulai dari yang pernah merasakan Liga 1 hingga yang berkarier di luar negeri. Sosok Kim Do-hoon baru-baru ini mencuat dan digadang-gadang akan mengisi kekosongan tersebut. hal tersebut berdasarkan pada hengkangnya Kim Do-hoon dari Lion City Sailors saat Singapore Premier League bergulir. 

Kim Do-hoon hengkang dari Lion City pada 11 Agustus lalu. Menariknya, dia pergi meninggalkan klub top Singapura itu hanya sehari setelah Rene Alberts dipecat Persib. Do-hoon sendiri punya catatan mentereng sebagai juru taktik sejak merambah dunia manajerial pada 2005 silam.

Kala itu, dia mengisi posisi asisten pelatih Seongnam Ilhwa, klub Korsel. Diketahui bahwa, Kim sempat menjadi tangan kanan pelatih Indonesia, Shin Tae-yong pada 2010 silam. Malang melintang sebagai asisten pelatih, Kim Do-hoon resmi menjadi pelatih kepala pada musim 2015/2016.

Di musim debutnya berstatus sebagai pelatih kepala, Do-hoon langsung moncer dengan membawa Incheon United keluar sebagai runner-up Piala FA Korea setelah kalah 3-1 dari FC Seoul di partai final.

Seakan melakukan revans, setahun kemudian dia berhasil menjuarai turnamen itu dalam musim debutnya bersama klub anyar, Ulsan Hyundai. Bahkan, ia berhasil menjuarai Liga Champion Asia 2020. Kemudian, ia menangani klub Singapore, Lion City dan berhasil membawa mereka mengangkat piala Liga Singapura dan Community Shield. Meskipun begitu ia memilih hengkang dari Lion City dan digadang-gadang akan menjadi pelatih Persib.