Idap Bipolar, Marshanda Blak-Blakan saat Manic Seperti Pakai Drugs

marshanda (4)
marshanda (4) (Foto : )

Baru-baru ini Marshanda mengaku bahwa saat dirinya sedang mengalami gejala manic dari penyakit bipolar yang dideritanya, ia tidak akan menyadari hal tersebut. Padahal menurut orang lain dirinya sudah terlihat tidak stabil.

Hal tersebut ia ungkapkan saat dirinya menjadi bintang tamu dalam video podcast bersama Melaney Ricardo di kanal YouTube-nya. Menurutnya, saat dirinya mengalami gejala manic tentu ada penyebabnya. Bahkan saat dalam fase manic, dirinya mengaku merasa seperti sedang menggunakan obat-obatan narkotika yang membuatnya tinggi dan hilang kendali.

“Karena satu dan lain hal aku manic, nah pas manic itu jujur yah kak (Melaney Ricardo) jujur aku gak tau ini boleh dibahas apa enggak, itu rasanya tuh kayak orang yang lagi tinggi. Kayak lagi orang pake drugs yang bikin tinggi,” ungkap Marshanda, dikutip dari VIVA, Selasa, 16 Agustus 2022.

Wanita yang akrab disapa Caca itu juga mengungkapkan dirinya kerap disangkakan seperti itu oleh beberapa orang yang menyaksikan dirinya sedang mengalami fase manic dari bipolar yang diidapnya. “Dan memang katanya begitu bagi orang-orang yang menyaksikan langsung kayak, ‘gue nih curiga lo make apa sih’. Tapi orang-orang tau aku gak pake drugs,” kata Caca.

Namun, sebagai penderita penyakit bipolar, dirinya tidak menyadari hal tersebut dan menganggap semuanya baik-baik saja seperti dirinya yang biasanya. Bahkan, Caca menyebut rasa sedang tinggi yang dialaminya saat sedang manic adalah hal yang menyenangkan. “Tapi aku gak menyadari, at that moment aku merasa kayak woah semuanya serba enak nih gimana sih kayak pake narkoba yang itu dan aku ngerasa serba benar. Semua yang aku pikirkan tuh make sense dan aku ngerasa rasanya enak kak,” ujarnya.

Namun, di sisi lain dirinya menyadari bahwa hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang berbahaya apabila dialaminya secara terus menerus hingga berkelanjutan. “So, it so dangerous, kalo sampe keterusan gitu,” ujarnya lagi. Untuk diketahui, keadaan manic dalam bipolar adalah perubahan suasana hati yang ekstrim dimana orang tersebut merasa sangat bahagia dalam seketika.